RPP SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP 1)
Satuan
Pendidikan : SMK Negeri 1 Ngraho
Mata
Pelajaran : Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan
Kelas/Semester :
XI / Ganjil
Peminatan : C 3 ( Kompetensi Kejuruan )
Materi
Pokok : Identifikasi SistemBahan Bakar Bensin
Alokasi
Waktu : 24
x 45 menit ( 8 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif dan mampu melaksanakan tugas
spesifik dibawah pengawasan langsung
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1. Lingkungan
hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga
kelestarian dan kelangsungan hidupnya.
2.1.
Menunjukkan sikap peduli
terhadap lingkungan melalui kegiatan
yang berhubungan dengan pemeliharaan mesin kendaraan ringan.
2.2.
Menunjukkan sikap cermat dan
teliti dalam memelihara mesin kendaraan ringan
2.3.
Menunjukkan sikap disiplin
dan tanggung jawab dalam melaksanakan pemeliharaan mesin kendaraan ringan
sesuai dengan SOP
2.4.
Menunjukkan sikap cermat dan
peduli terhadap keselamatan kerja pada saat memelihara mesin kendaraan ringan.
2.5.
Menunjukkan sikap peduli terhadap
lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemeliharaan mesin
kendaraan ringan
Indikator
:
1. Prinsip
kerja sistem bahan bakar bensin
2. Komponen/sistem
bahan bakar bensin yang perlu dipelihara/diservis.
3. Langkah
kerja pemeliharaan/servis komponen/ sistem bahan bakar bensin sesuai dengan
SOP,K3, peraturan dan prosedur/kebijakan perusahaan
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui
proses mengamati, menanya dan mengumpulkan data peserta didik dapat:
1.
Mencari informasi prinsip kerja sistem
bahan bakar bensin
2.
Mengamati komponen - komponen sistem bahan bakar bensin
3.
Berdiskusi secara kelompok tentang
prinsip kerja sistem bahan bakar bensin
4.
Berdiskusi secara kelompok tentang komponen
komponen sistem bahan bakar bensin.
5.
Mengamati dengan cara membaca literatur/media tentang prinsip kerja dan
komponen – komponen sisten bahan bakar bensin.
6.
Menyimak kajian literatur tentang sistem
bahan bakar bensin.
Melalui proses mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta
didik dapat:
7. Membuat
laporan tentang sistem – sistem yang ada pada komponen karburator.
8.
Menyimpulkan dan membuat laporan
tertulis tentang pekerjaan perbaikan sistem bahan bakar bensin.
D. Materi Pembelajaran
1. Prinsip kerja sistem bahan bakar bensin
2. Komponen – komponen sistem bahan bakar bensin
3. Nama dan fungsi komponen karburator
4. Memperbaiki sistem bahan bakar bensin
E. Metode Pembelajaran
1.
Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, presentasi, penugasan, demontrasi
2.
Model Pembelajaran : Problem base learning
3.
Pendekatan Pembelajaran : Scientific
F. Alat, Media Dan Sumber Belajar
1. Alat/bahan :
Laptop, LCD, Engine stand, Karburator
2. Media
: Powerpoint, animasi
Makro media
3.
Sumber belajar : New Step Toyota; Buku Paket “Pemeliharaan Mesin
Kendaraan Ringan “ LKS; Internet
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 - 4
RINCIAN
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
·
Memberikan salam pembuka dan
berdoa
·
Memeriksa kehadiran siswa
·
Apersepsi
(Guru bertanya “apakah peserta didik sudah pernah melihat karburator”)
·
Motivasi
( Memberi contoh tentang servis spesialis karburator )
·
Pemberian
Acuan :
§
(Garis
besar materi tentang “sistem bahan bakar bensin”)
§
Pembentukan
kelompok praktek dan diskusi
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
15
menit
|
RINCIAN
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Kegiatan
inti
Mengamati
·
Peserta didik menyimak materi tentang prinsip kerja sistem bahan bakar bensin
·
Peserta
didik mengamati gambar sistem bahan bakar bensin
·
Peserta didik menyimak berbagai komponen sistem bahan bakar bensin
Menanya
·
Guru
melakukan tanya jawab dengan peserta didik
·
Peserta didik bertanya fungsi separator pada tangki bahan bakar
·
Peserta didik bertanya tentang fungsi ventilasi udara
·
Peserta didik bertanya tentang saluran pengembali
Mengumpulkan
informasi
·
Peserta didik membaca buku teks tentang sistem bahan bakar
bensin
·
Peserta didik membaca buku teks tentang berbagai fungsi komponen
– komponen sistem bahan bakar bensin
· Mengasosiasi
·
Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil,
masing-masing terdiri atas 5 orang
·
Peserta didik dalam kelompok diminta mengamati saringan bahan bakar.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik mempresentasikan hasil praktek kerja kelompok
·
Peserta
didik membuat laporan hasil diskusi dalam praktek kerja kelompok
Guru menilai sikap siswa dalam praktek
kerja kelompok dan dalam berdiskusi
|
105
MENIT
|
Penutup
·
Siswa membuat
kesimpulan materi pembelajaran dengan dibantu guru
·
Siswa
melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·
Guru
menyampaikan informasi mengenai tugas mencari di internet
tentang macam – macam konstruksi tutup tangki.
Menyampaikan informasi mengenai
materi /kegiatan yang akan disampaikan/dilakukan pada pertemuan mendatang
|
15
MENIT
|
Pertemuan 5 - 8
Rincian Kegiatan
|
alokasi Waktu
|
Pendahuluan
·
Memberikan salam pembuka dan
berdoa
·
Memeriksa kehadiran siswa
·
Mengawali pembelajaran dengan mempersiapkan peserta didik dengan rapi dan
memperhatikan kebersihan kelas dan sekitarnya
·
Apersepsi materi pada pertemuan
sebelumnya
·
Menagih dan mengingatkan tugas mencari
gambar macam – macam tutup tangki di internet
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
· Peserta didik membaca buku teks tentang tangki
bahan bakar bensin
· Peserta didik berkumpul ke dalam kelompok
yang telah dibentuk sebelumnya untuk melakukan pengamatan tentang macam –
macam tutup tangki dari internet
· Peserta
didik membaca buku teks tentang saringan bahan bakar bensin
Menanya
· Peserta
didik berdiskusi tentang saringan bahan bakar bensin
· Peserta didik bertanya tentang cara pemasangan
saringan bahan bakar bensin
Mengumpulkan
data
·
Guru memberikan data tentang
teknik pemasangan filter bahan bakar bensin
·
Peserta didik dalam kelompok menganalisis
cara pemasangan saringan bahan bakar bensin diperoleh dari guru maupun
referensi lainnya
Mengasosiasi
·
Peserta didik dalam kelompok menarik
kesimpulan dari hasil analisis yang mereka lakukan
· Dengan
fasilitasi guru, peserta didik dapat merumuskan cara pemasangan saringan bahan
bakar bensin
· Mengkomunikasikan
·
Peserta didik menyampaikan hasil
kerjanya dalam menganalisa/ mengindentifikasi karya kerajinan tekstil menurut
jenis, motif, fungsi dan teknik pembutannya secara lesan maupun tertulis melalui presentasi kelompok
·
Guru menilai ketrampilan siswa
dalam presentasi dan berkomunikasi
|
105 menit
|
Penutup
·
Peserta didik dengan bantuan guru melakukan refleksi yaitu
menanyakan atau mereview materi mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut
·
Memberikan tugas kelompok untuk
·
Melaksanakan postes
|
15 menit
|
H. Penilaian
1. Sikap spiritual/K1
a.
Jenis/Teknik :
Observasi dan
Penilaian Diri
b.
Bentuk instrument :
lembar observasi (terlampir)
c.
Pedoman
penskoran : (terlampir)
2. Sikap sosial/K2
a.
Jenis/Teknik : Observasi dan Penilaian Diri
b.
Bentuk instrumen : lembar observasi (terlampir)
c.
Pedoman penskoran : (terlampir)
3.
Pengetahuan/K3
a.
Jenis/Teknik : - Tes tulis
- Penugasan
b.
Bentuk instrument : -soal uraian (naskah soal,kunci jawaban terlampir)
-Lembar tugas individu/kelompok
(terlampir)
c.
Pedoman penskoran : (terlampir)
4.
Ketrampilan/K4
a.
Jenis/Teknik : proyek
b.
Bentuk instrument :
Skala penilaian/Rating Scale (terlampir)
c.
Pedoman
penskoran : (terlampir)
Mengetahui Bojonegoro,
Juli 2014
Kepala SMK Negeri Ngraho Guru
Mata Pelajaran
SUBANDI,
M.Pd. SAPTO WICAKSONO, ST
NIP.
19660626 199001 1 008 NIP.
19760206 200903 1 003
LAMPIRAN INSTRUMENT PENILAIAN :
1.
Penilaian
sikap/K1 dan K2 :
a.
Observasi
LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL DAN
SOSIAL
|
||||||||||||||
MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN
|
||||||||||||||
MATERI
POKOK
|
:
IDENTIFIKASI SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN
|
|||||||||||||
TANGGAL
PENGAMATAN
|
:
|
|||||||||||||
KELAS
|
:
|
|||||||||||||
No
|
Nama Peserta Didik
|
Sikap Spiritual dan Sosial
|
Skor akhir
|
Predikat
|
||||||||||
Spiritual
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tg. Jawab
|
Toleransi
|
Gt. Royong
|
Santun
|
Percaya
Diri
|
|||||||
1
|
||||||||||||||
2
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
4
|
||||||||||||||
5
|
||||||||||||||
Keteranga
:
|
||||||||||||||
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
|
||||||||||||||
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
|
||||||||||||||
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
|
||||||||||||||
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
|
||||||||||||||
Pedoman penskoran :
Skor per item = 1 - 4
Skor maksimum = 4 x 5 pernyataan = 20
Skor akhir = (skor perolehan : skor maksimum) x 4
Kriteria penilaian :
Sangat Baik (SB) : apabila
memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik (B) : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup (C) : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang (K) :
apabila memperoleh skor: skor ≤ 1,33
b.Lembar
penilaian diri (terlampir di
halaman lain)
2.Penilaian
pengetahuan/K3 : Test tulis dan penugasan
a.
Soal
uraian
1.
Jelaskan fungsi dari sistem bahan bakar
?
2.
Sebutkan 5
komponen utama sistem bahan bakar bensin ?
3.
Jelaskan
fungsi sparator pada tangki bahan bakar ?
4.
Jelaskan
fungsi filter / saringan bahan bakar ?
5.
Sebutkan 2
jenis pompa bahan bakar bensin ?
b.
Kunci
Jawaban
1. Untuk
mensuplai campuran bahan bakar dan udara ke ruang pembakaran sesuai dengan
kondisi kerja mesin.
2. Komponen
utama :
a) Tangki
bahan bakar
b) Pompa
bahan bakar
c) Filter
bahan bakar
d) Saluran
bahan bakar
e) Karburator
3. Untuk
mencegah goncangan pada bahan bakar supaya tidak terjadi ruang kosong di atas
bensin
4. Untuk
menyaring bahan bakar sehingga tidak tercampur dengan kotoran waktu masuk ke
ruang bakar.
5. Pompa
mekanik dan pompa elektrik.
c.
Pedoman
Penskoran:
NO.
SOAL
|
KETERANGAN
|
skor
|
skor
maksimal
|
1,
3, 4
|
Jawaban
tepat dan lengkap
|
20
|
20
|
Jawaban tepat tapi kurang lengkap
|
15
|
||
Jawaban
tidak tepat
|
5
|
||
2
|
Jawaban
tepat dan lengkap
|
30
|
30
|
Jawaban
tepat tapi kurang lengkap
|
20
|
||
Jawaban
tidak tepat
|
5
|
||
5
|
Jawaban
tepat dan lengkap
|
10
|
10
|
Jawaban
tepat tapi kurang lengkap
|
5
|
||
Jawaban
tidak tepat
|
2
|
||
Skor maksimal
|
100
|
Nilai : (skor perolehan : skor maksimal) x 100
d.Kriteria
penilaian:
Konversi nilai akhir
|
Predikat
(Pengetahuan dan
Keterampilan)
|
|
Skala
0 – 100
|
Skala
1 - 4
|
|
86 - 100
|
4
|
A
|
81 – 85
|
3.66
|
A-
|
76 – 80
|
3.33
|
B+
|
71 – 75
|
3.00
|
B
|
66 – 70
|
2.66
|
B-
|
61 – 65
|
2.33
|
C+
|
56 – 60
|
2
|
C
|
51 – 55
|
1.66
|
C-
|
46 – 50
|
1.33
|
D+
|
0 – 45
|
1
|
D
|
Lembar
penugasan:
a.
Tugas individu : membuat makalah tentang
sistem bahan bakar bensin
b.
Tugas kelompok : membuat makalah dengan
judul yang sudah ditentukan untuk dipresentasikan di depan kelas.
3.Penilaian
ketrampilan/K4
Proyek
PENILAIAN KETERAMPILAN
|
||
MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN
|
||
Nama
Proyek :
|
||
Nama
Anggota :
|
||
Kelas :
|
||
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR (1-4)
|
1
|
Persiapan
Praktek
|
|
a.
Pakaian kerja
|
||
b.
Alat dan perlengkapan
|
||
c.Buku manual
|
||
2
|
Pelaksanaan
Praktek / Proses
|
|
3
|
Hasil
Kerja / Laporan
|
|
4
|
Sikap
Kerja
|
|
5
|
Waktu
Penyelesaian
|
|
Total Skor
|
Pedoman penskoran
Skor diberikan
dengan rentang skor 1-4 dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan
dalam proses pembuatan laporan maka semakin tinggi nilainya
Skor maksimum = 4
x 9 pernyataan = 36
Skor akhir =
(skor perolehan : skor maksimum) x 4
|
|
NAMA KELOMPOK :
BalasHapus1. KHOIRUL AMIN
2. MAMET SETIAWAN
3. MOCH CHOIRUL UMAM
4. M ARIPIN
KELAS : XI TKR 2
1.Sistem EFI
Injeksi bahan bakar adalah sistem untuk mengakui bahan bakar ke mesin pembakaran internal . Hal ini telah menjadi sistem pengiriman bahan bakar utama yang digunakan dalam mesin otomotif , memiliki karburator diganti selama tahun 1980 dan 1990-an . Berbagai sistem injeksi telah ada sejak penggunaan awal dari mesin pembakaran internal .
Perbedaan utama antara karburator dan injeksi bahan bakar adalah bahwa injeksi bahan bakar atomizes bahan bakar melalui nozzle kecil di bawah tekanan tinggi , sementara karburator bergantung pada hisap dibuat oleh udara masuk dipercepat melalui tabung Venturi untuk menarik bahan bakar ke dalam aliran udara .
Sistem injeksi bahan bakar modern dirancang khusus untuk jenis bahan bakar yang digunakan . Beberapa sistem yang dirancang untuk beberapa nilai bahan bakar ( menggunakan sensor untuk menyesuaikan tuning untuk bahan bakar saat ini digunakan ) . Kebanyakan sistem injeksi bahan bakar yang untuk bensin atau diesel aplikasi .
2. NAMA KOMPONEN DAN FUNGSI SISTEM EFI
1. Throttle body
Therottle body Merupakan komponen sistem kontrol udara sebagai saluran utama yang dilalui oleh udara, sebelum masuk ke intake manipold.
Di dalam throttle body ini terdapat :
• Throttle valve
• TPS (Throttle Position Sensor)
• IAC ( Idle Air Control )
• FIAC ( Fast Idle Air Control )
• ISAS ( Idle Speed Adjusting Screw )
Gambar : Throttle Body
2. Throttle Position Sensor
Throttle Position Sensor berfungsi mendeteksi sudut pembukaan throttle valve. TPS dihubungkan langsung dengan sumbu throttle valve, jika throttle valve bergerak, TPS akan mendeteksi perubahan pembukaan throttle valve. Selanjutnya dengan menggunakan tahanan geser, perubahan tahanan ini dikirim ke ECU sebagai input untuk koreksi rasio udara dan bensin.
Gambar : Throttle Position Sensor
3. Intake Air Temperatur
Sensor temperatur udara masuk ini biasa terpasang pada air cleaner atau hose antara air cleaner dengan throttle body. Sensor temperatur udara masuk ini berupa thermistor dengan bahan semikonduktor yang mempunyai sifat semakin panas temperatur maka nilai tahanannya semakin kecil.
Gambar : Intake Air Temperatur
4. Air Flow Meter
MAF (Massa Air Flow Meter) salah satu jenis sensor dengan tipe measuring plate, yang terdiri atas plat pengukur, pegas pengembali, dan potensiometer.
Udara yang masuk ke intake air chamber akan dideteksi dengan gerakan membuka dan menutup plat pengukur. Plat pengukur ini ditahan oleh sebuah pegas pengembali. Plat pengukur dan potensiometer bergerak pada poros yang sama sehingga sudut membuka plat pengukur ini akan diubah nilai tahanan potensiometer. Variasi nilai tahanan ini akan dirbah menjadi output voltage sensor ke ECM sebagai dasar untuk menentukan jumlah udara yang masuk ke intake air chamber.
Gambar : Air Flow Meter posisi menutup
Gambar : Air Flow Meter posisi membuka
5. Fast Idle Air Control
Fast idle air control terbuat dari thermo wax yang bekerjanya sesuai dengan temperatur mesin. Bila temperatur masih dingin, thermo wax belum mengembang sehingga jumlah udara yang masuk melalui saluran bypass menjadi lebih banyak. Saat temperatur mesin panas, thermo wax akan mengembang sehingga saluran bypass akan menyempit. Jumlah udara yang masuk menjadi berkurang, putaran mesin ke putaran idle
Gambar : Fast idle air control (Dingin)
3. Kelebihan sistem EFI dibanding karburator
1. pengabutan bahan bakar lebih baik, sehingga homogenitas campuran bahan bakar juga lebih baik.
2. komposisi campuran sesuai dengan putaran mesin dan beban mesin karena di kontrol secara akuratoleh ECU.
3. pembakaran lebih sempurna sehingga, bahan bakar lebih irit, tenaga lebih besar serta polusi yang ditimbulkan lebih rendah emisi.
NAMA KELOMPOK ;
BalasHapusjoni saputra
kastowo
m.saiful bahri
m.abdul gofur
nanang puguh p
1 EFI adalah sebuah kata singkatan dari Electronic Fuel Injection. Adapun pengertian dari EFI adalah sebuah sistem penyemprotan bahan bakar yang dalam kerjanya dikontrol secara elektronik agar didapatkan nilai campuran udara dan bahan bakar selalu sesuai dengan kebutuhan motor bakar, sehingga didapatkan daya motor yang optimal dengan pemakaian bahan bakar yang minimal serta mempunyai gas buang yang ramah lingkungan.
2 KOMPONEN EFI
ECU (Electronic Control Unit)
yaitu komponen sistem ijeksi bahan bakar elektronik yang berfungsi untuk mengolah signal-signal dari berbagai sensor untuk selanjutnya digunakan sebagai dasar dalam menentukan lamanya injeksi bahan bakar dan mengatur saat pengapian.
EFI (Electronic Fuel Injection)
yaitu sistem injeksi bahan bakar dikontrol secara elekronik.sistem ini merupakan salah satu jenis sistem bahan bakar pada motor bensin.
PTC (Positive Temperature Coefficient)
thermistor yaitu komponen pada sistem cuk otomatis yang berfungsi untuk mencegah arus yang berlebihan pada coil pemanas.
Preassure Regulator
yaitu komponen sistem EFI yang berfungsi untuk mengatur tekanan dalam saluran bahan bakar agar selalu konstan.
Pulsation Damper
yaitu komponen pada sistem EFI yang berfungsi untuk menyerap variasi tekanan bahan bakar dalam saluran bahan bakar.
Silicon chip
yaitu komponen manifold preassure sensor yang berfungsi untuk mensensor tekanan udara yang masuk pada sistem EFI.
Sound scope
yaitu alat bantu untuk mendengarkan suara lembut dalam mesin atau pada sistem bahan bakar.
Injektor (nozzel)
yaitu salah satu bagian dari sistem injeksi bahan bakar yang berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam silinder (ruang bakar)
3 Kelebihan sistem EFI dibanding karburator
1. pengabutan bahan bakar lebih baik, sehingga homogenitas campuran bahan bakar juga lebih baik.
2. komposisi campuran sesuai dengan putaran mesin dan beban mesin karena di kontrol secara akuratoleh ECU.
3. pembakaran lebih sempurna sehingga, bahan bakar lebih irit, tenaga lebih besar serta polusi yang ditimbulkan lebih rendah emisi.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSISTEM EFI
BalasHapus1.PENGERTIAN
EFI adalah singkatan dari Electronic Fuel Ijection,secara umum pengertian dari EFI adalah sebuah sistem penyemprotan bahan bakar yang dalam kerjanya diatur secara elektronik oleh ECU. Hal ini bertujuan agar nilai campuran udara dan bahan bakar selalu sesuai dengan kebutuhan mesin, sehingga didapatkan tenaga motor yang optimal dengan pemakaian bahan bakar yang ekonomis serta mempunyai gas buang yang ramah lingkungan. Pada saat ini sistem EFI telah digunakan oleh banyak merk kendaraan sebagai pengganti dari karburator.Sistem pengontrolan penginjeksian bahan bakar saa ini berkembang dengan pesat , terutama pada mesin bensin. Namun harus kita ingat bahwa tidak hanya kendaraan dengan bahan bakar bensin yang menggunakan sistem kontrol injeksi. Sistem EFI dirancang untuk mengukur jumlah udara yang diisap dan untuk mengontrol penginjeksian bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mesin
2.KOMPONEN DAN FUNGSI SISTEM EFI
1. Therottle body
Merupakan komponen sistem kontrol udara sebaga
i saluran utama yang dilalui oleh udara, sebelum masuk ke intake manipold.
Di dalam throttle body ini terdapat :
a. Throttle valve
b. TPS (Throttle Position Sensor)
c. IAC ( Idle Air Control )
d. FIAC ( Fast Idle Air Control )
e. ISAS ( Idle Speed Adjusting Screw )
2. Throttle Position Sensor
Throttle Position Sensor berfungsi mendeteksi sudut pembukaan throttle valve. TPS dihubungkan langsung dengan sumbu throttle valve, jika throttle valve bergerak, TPS akan mendeteksi perubahan pembukaan throttle valve. Selanjutnya dengan menggunakan tahanan geser, perubahan tahanan ini dikirim ke ECU sebagai input untuk koreksi rasio udara dan bensin.
3. Intake Air Temperatur
Sensor temperatur udara masuk ini biasa terpasang pada air cleaner atau hose antara air cleaner dengan throttle body. Sensor temperatur udara masuk ini berupa thermistor dengan bahan semikonduktor yang mempunyai sifat semakin panas temperatur maka nilai tahanannya semakin kecil.
4. Air Flow Meter
MAF (Massa Air Flow Meter) salah satu jenis sensor dengan tipe measuring plate, yang
terdiri atas plat pengukur, pegas pengembali, dan potensiometer. Udara yang masuk ke intake air chamber akan dideteksi dengan gerakan membuka dan menutup plat pengukur. Plat pengukur ini ditahan oleh sebuah pegas pengembali. Plat pengukur dan potensiometer bergerak pada poros yang sama sehingga sudut membuka plat pengukur ini akan diubah nilai tahanan potensiometer. Variasi nilai tahanan ini akan dirbah menjadi output voltage sensor ke ECM sebagai dasar untuk menentukan jumlah udara yang masuk ke intake air chamber.
5. Fast Idle Air Control
Fast idle air control terbuat dari thermo wax yang bekerjanya sesuai dengan temperatur mesin. Bila temperatur masih dingin, thermo wax belum mengembang sehingga jumlah udara yang masuk melalui saluran bypass menjadi lebih banyak. Saat temperatur mesin panas, thermo wax akan mengembang sehingga saluran bypass akan menyempit. Jumlah udara yang masuk menjadi berkurang, putaran mesin ke putaran idle.
3.KEUNTUNGAN SISTEM EFI DI BANDINGKAN KARBURATOR
Dibandingkan dengan karburator, EFI memnpunyai keuntungan sebagai berikut:
• Kemungkinan pembentukan campuran yang homogen setiap silinder
• Perbandingan udara bahan bakar yang akurat pada semua tingkat putaran mesin
• Respon yang baik sesuai perubahan sudut throttle.
• Koreksi campuran udara dan bahan bakar
• Efisiensi pemasukan campuran udara dan bahan bakar
NAMA KELOMPOK:
1.HENGKI CAHYONO ADI S.
2.HERI KUSTANTO
3.JONI ADI S.
4.KHOERUL ANAM
5.M.RUDI JAUHAR F
NAMA KELOMPOK ;
BalasHapusHeri muamar
Imam agus faisal
Indra setyawan
Moch.samsul hadi
PENGERTIAN SISTEM EFI
EFI adalah sebuah kata singkatan dari Electronic Fuel Injection. Adapun pengertian dari EFI adalah sebuah sistem penyemprotan bahan bakar yang dalam kerjanya dikontrol secara elektronik agar didapatkan nilai campuran udara dan bahan bakar selalu sesuai dengan kebutuhan motor bakar, sehingga didapatkan daya motor yang optimal dengan pemakaian bahan bakar yang minimal serta mempunyai gas buang yang ramah lingkungan.
KOMPONEN-KOMPONEN SISTEM EFI
ECU (Electronic Control Unit)
yaitu komponen sistem ijeksi bahan bakar elektronik yang berfungsi untuk mengolah signal-signal dari berbagai sensor untuk selanjutnya digunakan sebagai dasar dalam menentukan lamanya injeksi bahan bakar dan mengatur saat pengapian.
EFI (Electronic Fuel Injection)
yaitu sistem injeksi bahan bakar dikontrol secara elekronik.sistem ini merupakan salah satu jenis sistem bahan bakar pada motor bensin.
PTC (Positive Temperature Coefficient)
thermistor yaitu komponen pada sistem cuk otomatis yang berfungsi untuk mencegah arus yang berlebihan pada coil pemanas.
Preassure Regulator
yaitu komponen sistem EFI yang berfungsi untuk mengatur tekanan dalam saluran bahan bakar agar selalu konstan.
Pulsation Damper
yaitu komponen pada sistem EFI yang berfungsi untuk menyerap variasi tekanan bahan bakar dalam saluran bahan bakar.
Silicon chip
yaitu komponen manifold preassure sensor yang berfungsi untuk mensensor tekanan udara yang masuk pada sistem EFI.
Sound scope
yaitu alat bantu untuk mendengarkan suara lembut dalam mesin atau pada sistem bahan bakar.
Injektor (nozzel)
yaitu salah satu bagian dari sistem injeksi bahan bakar yang berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam silinder (ruang bakar)
Kelebihan sistem EFI dibanding karburator
pengabutan bahan bakar lebih baik, sehingga homogenitas campuran bahan bakar juga lebih baik.
komposisi campuran sesuai dengan putaran mesin dan beban mesin karena di kontrol secara akuratoleh ECU.
pembakaran lebih sempurna sehingga, bahan bakar lebih irit, tenaga lebih besar serta polusi yang ditimbulkan lebih rendah emisi.
Kemungkinan pembentukan campuran yang homogen setiap silinder
Perbandingan udara bahan bakar yang akurat pada semua tingkat putaran mesin
Respon yang baik sesuai perubahan sudut throttle.
Koreksi campuran udara dan bahan bakar
Efisiensi pemasukan campuran udara dan bahan bakar