CARA MENGATASI KARAT

Pada musim hujan siap - siap para pengguna mobil untuk selalu memperhatikan kolong mobil. untuk mengantisipasi munculnya karat yang dapat berakibat fatal. Karat / korosi pada body mobil adalah ibarat sebuah mimpi buruk atau ancaman buat pemiliknya, karena karat bisa memakan bodi mobil sedikit demi sedikit hingga akhirnya keropos dan rapuh. Terjadinya karat sendiri adalah sebuah proses alamiah dan tak bisa dihilangkan, yang mungkin bisa dilakukan adalah mencegah proses terjadinya karat tersebut pada bodymobil.

Karat muncul disebabkan permukaan besi / bagian yang mengandung unsur logam bersentuhan langsung dengan air yang mengandung asam sehingga mengalami proses oksidasi oleh udara. Semakin dibiarkan air dan kotoran menempel pada besi semakin banyak pula zat asam bereaksi terhadap besi yang menjadikan karat.

Titik-titik Rawan Timbulnya Karat
Pemicu timbulnya karat ini biasanya terjadi akibat kesalahan pemilik dalam merawat, seperti ketika mencuci mobil mengakibatkan adanya sisa air yang tidak terlihat sehingga mengendap lama dibagian bodi mobil dan membiarkan terlalu lama mobil dalam keadaan kotor setelah terkena hujan.

Bagian yang sering terlewat dan sulit untuk dilakukan pengecekkan adalah seperti bagian body yang tertutupi karet atau karpet, seperti celah body, bagian bawah / spakbor, lantai, engsel pintu dan jika mobil menggunakan roof rack, bagian body mobil yang tertutupi atau dijepit mountingnya juga menjadi titik yang rawan terkena karat.

Perbaikan Dan Pencegahan Karat 

Segera cuci bagian bawah mobil kalau terkena air hujan, karena air hujan sangat memicu terjadinya karat, apalagi kalau bercampur dengan lumpur. 
Usahakan doorsmer tiap seminggu sekali untuk melindungi bagian bawah mobil yang sering terkena air dan lumpur. 

Jika telah terlanjur ada beberapa bagian body yang terserang karat, secepatnya langsung lakukan perbaikan bodi mobil yang terkena karat dibengkel body repair, karena mereka lebih tau solusinya dan lebih rapi dalam pengerjaannya. Untuk bagian yang hanya terkena sedikit karat mungkin masih dapat melakukan penanggulangannya sendiri, karena saat ini sudah banyak diperdagangkan cat dalam botol kecil seperti cat kuku yang memang khusus untuk melapisi body mobil yang terkena karat pada area kecil agar tidak melebar.

Kalau karat sudah melebar dan banyak sebaiknya pemilik segera merujuk ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang baik. Dalam penanganan karat biasanya “yang pertama dilihat adalah kondisi parahnya karat yang menggerogoti bodi mobil, kemudian diukur juga tingkat kerusakannya, setelah itu bagian yang terkena karat dipotong dan ditutup kembali memakai plat besi baru melalui proses pengelasan. Setelah selesai dengan pengelasan plat baru dilapisi dengan dengan anti karat.

Sebagai cara untuk mencegah timbulnya karat, sudah seharusnya pemilik mobil menggunakan produk anti karat. Produk anti karat sudah banyak beredar dipasaran, khususnya ditoko-toko yang menjual cat mobil. Umumnya untuk bengkel-bengkel bodi repair masih mempergunakan beberapa produk anti karat khusus yang laris dipasaran dengan sistem coating atau pelapisan. Selain sistem pelapisan, saat ini juga telah ada produk anti karat yang menggunakan sistem elektronik, akan tetapi untuk keefektifannya sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada bengkel body repair.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGAPA REM PERLU DI BLEEDING

RPP KELISTRIKAN BODY

CARA MENCARI TOP