CARA MENGATASI KACA BEREMBUN


Musim penghujan sudah tiba, bagi pemilik mobil – mobil tua yang tidak mempunyai AC  terdapat tantangan yang harus ditaklukkan apabila kita menembus hujan lebat. Kaca jadi berembun dan penglihatan jadi tidak jelas. Hal ini pasti dapat menganggu keselamatan kita.
Timbulnya embun pada kaca ini terjadi akibat dari perbedaan suhu antara di dalam ruangan kabin mobil dan diluar. Pada mobil yang memakai AC memang ini bisa dihilangkan dengan menyalakan AC namun jika AC rusak atau tidak dingin atau bahkan tidak mempunyai AC kaca bakal berembun.

Peristiwa ini sama dengan ketika kita membikin es teh, pasti permukaan luar gelas ikut basah. Bukan karena bocor atau karena tumpah, tetapi karena terjadi perbedaan suhu udara yang terlalu jauh antara dalam gelas dan permukaan gelas. Karena udara pada permukaan gelas/ kaca yang dingin akan membekukan udara disekitar permukaan gelas/ kaca yang panas.

Kaca mobil menjadi berembun/ berkabut sehingga menghalangi pandangan kita. Apalagi kalau yang kita kendarai adalah mobil tua. Selain berembun/ berkabut terkadang kita juga mengalami permasalahan kaca mobil yang berpendar ketika diterpa air hujan. Apalagi wiper kadang juga tidak berfungsi dengan normal.


Bagaimana cara mengatasi hal ini, sebetulnya ada cara simpel dan murah untuk masalah kaca berembun saat hujan. penasaran dengan caranya, berikut ini.
a.     Kaca jendela dibuka sedikit agar suhu dalam sama dengan luar, tapi hal ini tentu membuat air hujan akan masuk ke kabin dan mengganggu kenyamanan kita, maka untuk cara pertama tadi akan tidak efektif untuk dilakukan.
b.    Shampoo Rambut / sun light
Salah satu yang bisa anda gunakan untuk menyiasati masalah kaca berembun adalah Shampoo. bagaimana cara menggunakannya, oleskan cairan Shampoo Rambut pada kaca mobil bagian dalam, tetapi ingat jangan dicampur air setelah itu lap kaca yang telah diolesi dengan lap kanebo yang sedikit lembab untuk cara mengelapnya searah jangan bolak balik ( kalau di lap bolak – balik kaca akan tambah pudar )
c.     Tembakau
Bisa juga menggunakan tembakau, mencari tembakau tentunya tidak akan kesulitan. Caranya, gosoklah kaca depan secara perlahan ( bagian luar kaca ) dengan tembakau sampai merata. jangan terlalu keras karena ditakutkan ada potongan cengkeh yang bisa menggores kaca unsur nikotin yang ada di tembakau diyakini mampu menyerap embun yang ada di kaca.

Demikian artikel tentang cara mengatasi kaca berembun waktu hujan, semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGAPA REM PERLU DI BLEEDING

RPP KELISTRIKAN BODY

CARA MENCARI TOP