RPP PENDINGIN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah               : SMK N Ngraho
Mata Pelajaran             :  Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester            : XII / Genap
Alokasi Waktu              :  32  x 45 menit
Standart Kompetensi   :  Overhaul Sistem Pendingin dan
Komponen-komponennya.


I.       Kompetensi Dasar    :   Memelihara/ servis sistem pendingin dan
    komponen-komponennya.
II.       Indikator
a.    Kognitif
1.    Menjelaskan fungsi dari sistem pendingin.
2.    Menjelaskan prinsip kerja sistem pendingin air.
3.    Menjelaskan tipe – tipe cairan pendingin dan penggunaannya.
4.    Menjelaskan cairan anti beku / anti mendidih.
5.    Menjelaskan komponen – komponen system pendingin.
6.    Mengidentifikasi bagian-bagian sistem pendingin.

b.    Psikomotor                    
1.  Memeriksa kebocoran pada system pendingin.
2.  Memeriksa tutup radiator.

c.    Afektif                  
1.  Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a)  Jujur,
b) Peduli,
c)  Tanggung jawab
2.  Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a)  Bertanya,
b)  Menyumbang ide atau pendapat
c)  Menjadi pendengar yang baik.
d)  Berkomunikasi.

III.   Tujuan Pembelajaran
a.  Kognitif
1.  Secara mandiri siswa dapat menjelaskan fungsi sistem pendingin dengan mengerjakan soal-soal LP 1 sesuai kunci jawaban.
2.  Secara mandiri siswa dapat menjelaskan prinsip kerja sistem pendingin dengan mengerjakan soal-soal LP 1 sesuai kunci jawaban.
3.  Secara mandiri siswa dapat menjelaskan tipe – tipe cairan pendingin dan penggunaannya dengan mengerjakan soal-soal LP 1 sesuai kunci jawaban.
4.  Secara mandiri dan tanpa membuka bahan ajar, siswa dapat menjelaskan cairan anti beku dan anti mendidihpadasistem pendingin  dengan mengerjakan soal terkait di LP 1 sesuai kunci jawaban.
5.  Secara mandiri siswa dapat menjelaskan nama komponen – komponen pendingin  dengan mengerjakan soal-soal di LP 1sesuai kunci jawaban.
6.  Secara mandiri tanpa bahan ajar, serta modul pemeliharaaan sistem pendingin,  siswa dapat  melakukan identifikasi fungsi komponen – komponen system pendinginsesuai dengan tugas pada LP1 sesuai dengan kunci jawaban.

b.    Psikomotor       
1.    Disediakan , alat dan engine stand , serta modul pemeliharaaan sistem pendingin,  siswa dapat memeriksa kebocoran system pendingin sesuai dengan rincian tugas yang ditentukan pada LP 3: Psikomotor.
2.  Disediakan , alat dan engine stand , serta modul pemeliharaaan sistem pendingin siswa dapat memeriksa tutup radiator sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP 3: Psikomotor.

c.    Afektif
1.    Perilaku Berkarakter
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar   dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
2.    Keterampilan Sosial
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama  hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

IV.       Materi Pembelajaran
1.  Sistem Pendingin.
2.  Cairan pendingin.
3.  Komponen-komponensistem pendingin.
4.  Fungsi komponen-komponensistem pendingin.
5.  Memeriksa tutup radiator.

V.       Model dan Metode Pembelajaran
- Model   Pembelajaran  :   Model langsung
- Metode pembelajaran  :Demonstrasi , tanya-jawab, pemberian tugas dan Observasi
VI.       Media
- LCD, Radiator Tester, Engine Stand

VII.       Langkah - langkah Kegiatan Pembelajaran
A.     Pertemuan 1
1.      Pendahuluan ( ± 10 menit )
Kegiatan
Penilaian oleh pengamat
1
2
3
4
1.  Memotivasi siswa dengan menjelaskan topik pembelajaran yang akan diberikan, menyampaikan tujuan KBMyang akan dicapai dengan meliputi : Kognitif, Afektif, Psikomotor dan Ketrampilan Sosial (Fase 1)





2.      Inti (±      menit )
Kegiatan
Penilaian oleh pengamat
1
2
3
4
1.   Guru menjelaskan dan mengajak berdiskusi mengenai fungsi system pendingin (Fase 2)
2.   Guru menjelaskanprinsip kerja sistem pendingin air. (Fase 2)
3.   Guru menjelaskantipe – tipe cairan pendingin dan penggunaannya. (Fase 2)
4.   Guru menjelaskan cairan anti beku / anti mendidih. (Fase 2)
5.   Guru menjelaskan komponen – komponen system pendingin ( Fase 2 )
6.   Guru membimbing siswa melakukan identifikasi bagian – bagian system pendingin (Fase 3)
7.   Guru memberi tugas kepada siswa untuk melakukan pemeriksaan kebocoran pada system pendingin. (Fase 4)
8.   Guru memberi tugas kepada siswa untuk melakukan pemeriksaan tutup radiator ( Fase 4 )
9.   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan praktek secara mandiri sesuai dengan joobsheet. (Fase 5)






3.      Penutup ( ± 10 menit )
Kegiatan
Penilaian oleh pengamat
1
2
3
4
1.     Dengan melibatkan siswa menutup pelajaran dan memberi tugas untuk menyimpulkan materi pembelajaran. (Fase 4)






VIII.       Sumber Belajar
1.  Materi ajar  sistem pendingin
2.    LP 1: Kognitif dilengkapi kunci
3.    LP 2: Psikomotor dilengkapi Jobsheet
4.    LP 3: Pengamatan Perilaku Berkarakter
5.    LP 4: Pengamatan Ketrampilan Sosial
6.    Alat Peraga

IX.      Penilaian Hasil Belajar
1.    LP 1: Kognitif
2.    LP 2: Psikomotorik
3.    LP 3: Pengamatan Perilaku Karakter
4.    LP 4: Pengamatan Keterampilan Sosial


Ngraho, 6 Januari 2014

                                                                                          Guru Pengampu

                                                                                          SAPTO WICAKSONO

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGAPA REM PERLU DI BLEEDING

RPP KELISTRIKAN BODY

CARA MENCARI TOP