RPP PENDINGIN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK N Ngraho
Mata Pelajaran : Kompetensi
Kejuruan
Kelas/Semester : XII / Genap
Alokasi Waktu : 32 x 45 menit
Standart Kompetensi : Overhaul Sistem Pendingin
dan
Komponen-komponennya.
I.
Kompetensi Dasar : Memelihara/
servis sistem pendingin dan
komponen-komponennya.
II.
Indikator
a.
Kognitif
1.
Menjelaskan
fungsi dari sistem pendingin.
2.
Menjelaskan
prinsip kerja sistem pendingin air.
3.
Menjelaskan
tipe – tipe cairan pendingin dan penggunaannya.
4.
Menjelaskan
cairan anti beku / anti mendidih.
5.
Menjelaskan
komponen – komponen system pendingin.
6.
Mengidentifikasi
bagian-bagian sistem pendingin.
b.
Psikomotor
1. Memeriksa kebocoran pada system pendingin.
2. Memeriksa tutup radiator.
c.
Afektif
1. Mengembangkan perilaku berkarakter,
meliputi:
a) Jujur,
b) Peduli,
c) Tanggung jawab
2. Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a) Bertanya,
b) Menyumbang ide atau pendapat
c) Menjadi pendengar yang baik.
d) Berkomunikasi.
III. Tujuan
Pembelajaran
a. Kognitif
1. Secara mandiri siswa dapat menjelaskan fungsi sistem pendingin dengan mengerjakan
soal-soal LP 1 sesuai kunci jawaban.
2. Secara mandiri siswa dapat menjelaskan prinsip kerja sistem pendingin dengan mengerjakan
soal-soal LP 1 sesuai kunci jawaban.
3. Secara mandiri siswa dapat menjelaskan tipe – tipe cairan pendingin dan penggunaannya
dengan mengerjakan soal-soal LP 1 sesuai kunci jawaban.
4. Secara mandiri dan tanpa membuka bahan ajar,
siswa dapat menjelaskan cairan anti beku dan anti mendidihpadasistem
pendingin dengan mengerjakan soal
terkait di LP 1 sesuai kunci jawaban.
5. Secara mandiri siswa dapat menjelaskan nama komponen – komponen pendingin dengan mengerjakan soal-soal di LP 1sesuai
kunci jawaban.
6. Secara
mandiri tanpa bahan ajar, serta modul pemeliharaaan sistem pendingin, siswa dapat
melakukan identifikasi
fungsi komponen – komponen system pendinginsesuai dengan tugas
pada LP1 sesuai dengan kunci jawaban.
b.
Psikomotor
1.
Disediakan
, alat dan engine stand , serta modul
pemeliharaaan sistem pendingin, siswa
dapat memeriksa kebocoran
system pendingin sesuai dengan
rincian tugas yang ditentukan pada LP 3: Psikomotor.
2. Disediakan , alat dan engine stand , serta modul pemeliharaaan sistem
pendingin siswa dapat memeriksa
tutup radiator sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan pada
LP 3: Psikomotor.
c.
Afektif
1.
Perilaku
Berkarakter
Perilaku
yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan
belajar dan tugas, serta menyelesaikan
tugas dengan sebaik-baiknya.
2.
Keterampilan
Sosial
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan
kewajiban dirinya dan orang lain.
IV.
Materi Pembelajaran
1. Sistem Pendingin.
2. Cairan pendingin.
3. Komponen-komponensistem pendingin.
4. Fungsi komponen-komponensistem pendingin.
5. Memeriksa tutup radiator.
V. Model dan Metode
Pembelajaran
-
Model Pembelajaran :
Model langsung
- Metode
pembelajaran :Demonstrasi , tanya-jawab, pemberian
tugas dan Observasi
VI.
Media
- LCD, Radiator Tester,
Engine Stand
VII.
Langkah
- langkah Kegiatan Pembelajaran
A.
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan ( ± 10 menit )
Kegiatan
|
Penilaian
oleh pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Memotivasi siswa dengan menjelaskan topik pembelajaran
yang akan diberikan, menyampaikan tujuan KBMyang akan dicapai dengan meliputi
: Kognitif, Afektif, Psikomotor dan Ketrampilan Sosial (Fase 1)
|
2. Inti
(± menit )
Kegiatan
|
Penilaian
oleh pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Guru menjelaskan dan
mengajak berdiskusi mengenai fungsi system pendingin (Fase 2)
2. Guru menjelaskanprinsip kerja sistem
pendingin air. (Fase 2)
3. Guru menjelaskantipe – tipe cairan
pendingin dan penggunaannya. (Fase 2)
4. Guru menjelaskan cairan anti beku /
anti mendidih. (Fase 2)
5. Guru menjelaskan komponen – komponen
system pendingin ( Fase 2 )
6. Guru membimbing siswa melakukan
identifikasi bagian – bagian system pendingin (Fase 3)
7. Guru memberi tugas kepada siswa untuk melakukan
pemeriksaan kebocoran pada system pendingin. (Fase 4)
8. Guru memberi tugas kepada siswa untuk melakukan
pemeriksaan tutup radiator ( Fase 4 )
9. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
melaksanakan praktek secara mandiri sesuai dengan joobsheet. (Fase 5)
|
3. Penutup
( ± 10 menit )
Kegiatan
|
Penilaian oleh pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Dengan
melibatkan siswa menutup pelajaran dan memberi tugas untuk menyimpulkan
materi pembelajaran. (Fase 4)
|
VIII.
Sumber
Belajar
1. Materi
ajar sistem pendingin
2. LP
1: Kognitif dilengkapi kunci
3. LP
2: Psikomotor dilengkapi Jobsheet
4. LP
3: Pengamatan Perilaku Berkarakter
5. LP
4: Pengamatan Ketrampilan Sosial
6. Alat
Peraga
IX.
Penilaian Hasil Belajar
1. LP
1: Kognitif
2. LP
2: Psikomotorik
3. LP
3: Pengamatan Perilaku Karakter
4. LP
4: Pengamatan Keterampilan Sosial
Ngraho, 6 Januari 2014
Guru
Pengampu
SAPTO
WICAKSONO
Komentar
Posting Komentar