PERAWATAN DEFERENTIAL

Apa itu defferential ?
Defferential adalah komponen power train yang fungsinya sangat penting,yaitu sebagai penambah moment / daya. Selain itu juga untuk membedakan putaran roda kanan dan roda kiri sehingga kalau kendaraan membelok salah satu roda tidak slip.
Hindari kebocoran minyak pelumas
Kebocoran minyak pelumas dapat mengakibatkan roda gigi pada defferential menjadi cepat aus bahkan dapat macet.
Jangan abaikan kalau ada tetesan oli / minyak pelumas di defferential, segera ganti seal karet pada rumah defferential (defferential case ) kalau sampai minyak pelumas habis maka akan terjadi macet. Mau tidak mau harus dibongkar di tempat, berbeda dengan kerusakan pada mesin, kendaraan masih dapat di derek, tapi kalau yang macet defferential harus memanggil mekanik untuk membongkar di tempat. Dan itu butuh biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu lebih baik kita rawat sehingga tidak menyusahkan diri kita sendiri.

Defferential terdiri dari 2 bagian utama
a. Final Gear yang terdiri dari drive pinion dan ring gear yang berfungsi untuk memperbesar moment dan merubah arah putaran menjadi 90 derajad.
b. Defferential Gear  yang terdiri dari side gear yang berfungsi untuk membedakan putaran roda kanan dan roda kiri.
Roda gigi yang berputar pasti membutuhkan pelumasan, untuk defferential gunakan minyak pelumas yang sesuai dengan kualifikasi. Gunakan selalu oli dengan API GL 5 - 3 yang mempunyai ketahanan terhadap tekanan ( extreme pressure resistance )

Demikian sekilas tentang defferential semoga bermanfaat


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGAPA REM PERLU DI BLEEDING

RPP KELISTRIKAN BODY

CARA MENCARI TOP