RPP PENDINGIN 2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP PENDINGIN )
Nama Sekolah : SMK N Ngraho
Mata Pelajaran : Kompetensi
Kejuruan
Kelas/Semester : XII / Genap
Alokasi Waktu : 32 x 45 menit
Standart Kompetensi : Overhaul Sistem Pendingin dan
Komponen-komponennya.
I.
Kompetensi
Dasar : Memperbaiki sistem pendingin dan
komponen-komponennya.
II.
Indikator
a. Kognitif
1. Menjelaskan
sirkulasi air pendingin alami.
2. Menjelaskan
sirkulasi air pendingin dengan pompa.
3. Menjelaskan fungsi thermostat.
4. Menjelaskan bagian – bagian thermostat.
b. Psikomotor
1. Pemeriksaan Thermostat
c. Afektif
1.
Mengembangkan perilaku
berkarakter, meliputi:
a) Jujur,
b) Peduli,
c) Tanggung
jawab
2. Mengembangkan
keterampilan sosial, meliputi:
a) Bertanya,
b) Menyumbang
ide atau pendapat
c) Menjadi
pendengar yang baik.
d) Berkomunikasi.
III.
Tujuan
Pembelajaran
a. Kognitif
1. Secara
mandiri dan tanpa membuka bahan ajar, siswa dapat menjelaskan sirkulasi air pendingin pada sistem pendingin dengan
mengerjakan soal - soal di LP 1 sesuai kunci jawaban.
2.
Secara mandiri dan tanpa
membuka bahan ajar, siswa dapat menjelaskan fungsi
thermostat dengan mengerjakan soal – soal di LP1 sesuai kunci jawaban.
3.
Secara mandiri dan tanpa
membuka bahan ajar, siswa dapat menjelaskan bagian – bagian
thermostat dengan
mengerjakan soal – soal di LP1 sesuai dengan kunci jawaban.
b.
Psikomotor
1. Disediakan
, alat dan engine stand , serta modul
pemeliharaaan sistem pendingin, siswa
dapat memeriksa keadaan thermostat pada saat membuka dan
menutup sesuai dengan rincian tugas yang ditentukan pada LP 2: Psikomotor.
c. Afektif
1. Perilaku
Berkarakter
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam
mengatasi berbagai hambatan belajar dan
tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
2. Keterampilan
Sosial
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban
dirinya dan orang lain.
IV. Materi Pembelajaran
1. Sirkulasi
air pendingin.
2. Fungsi dan bagian – bagian thermostat
3. Memeriksa thermostat.
V.
Model dan Metode Pembelajaran
- Model Pembelajaran :
Model langsung
- Metode pembelajaran : Demonstrasi ,
tanya-jawab, dan pemberian tugas,Observasi
VI.
Media
- LCD
- Radiator
Cup Tester
- Engine
Standz
VII.
Langkah
- langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Penilaian
oleh pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Memotivasi siswa dengan menjelaskan topik
pembelajaran yang akan diberikan, menyampaikan tujuan KBM yang akan dicapai dengan meliputi :
Kognitif, Afektif, Psikomotor dan ketrampilan social (Fase 1)
|
2.
Inti (± menit )
Kegiatan
|
Penilaian
oleh pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Guru
menjelaskan dan mengajak berdiskusi mengenai sirkulasi air pendingin (Fase 2)
2. Guru
menjelaskan menjelaskan sirkulasi air pendingin. (Fase 2)
3. Guru menjelaskan fungsi thermostat ( Fase 2 )
4. Guru
menjelaskan bagian – bagian thermostat. (Fase 2)
5. Guru membimbing
siswa melakukan identifikasi pembukaan
thermostat (Fase 3)
6. Guru
memberi tugas kepada siswa untuk melakukukan pemeriksaan thermostat. (Fase 4)
7. Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan praktek secara mandiri sesuai
dengan joobsheet. (Fase 5)
|
3. Penutup
( ± 10 menit )
Kegiatan
|
Penilaian
oleh pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Dengan
melibatkan siswa menutup pelajaran dan member tugas untuk menyimpulkan materi
pembelajaran. (Fase 4)
|
VIII.
Sumber
Belajar
1. Materi
ajar sistem pendingin
2. LP
1: Kognitif
3. LP
2 : Psikomotorik
4. LP
3: Pengamatan Perilaku Berkarakter
5. LP
4: Pengamatan Ketrampilan Sosial.
6. Alat
Peraga
IX.
Penilaian Hasil Belajar
1. LP
1: Kognitif
2. LP
2: Psikomotorik
3. LP
3: Format Pengamatan Keterampilan Karakter
4. LP
4: Format Pengamatan Keterampilan Sosial.
Ngraho, 6 Januari 2013
Guru Pengampu
SAPTO
WICAKSONO
Komentar
Posting Komentar