Cara Memilih Busi
Macam - macam busi :
1. Busi dengan resistor
Loncatan bunga api listrik busi, Menghasilkan electromagnetis. Dan dapat menyebabkan gangguan pada peralatan electronic. Sehingga peralatan electronic tersebut menjadi tidak dapat berfungsi.
Busi jenis ini mempunyai tahanan dari ceramic yang dapat mencegah terjadinya penyebab gangguan.
2. Busi Platinum
Busi jenis ini menggunakan platinum pada elektrode tengah dan massa
Menjadikan usia pemakaian busi lebih lama & pengapiannya lebih baik
3. Busi Iridium
Busi jenis ini menggunakan Iridium pada elektrode tengah dan Platinum electrode massa
Menjadikan usia pemakaian busi lebih lama & performancenya lebih baik
Kondisi busi juga sangat mempengaruhi perfoma mesin, kita dapat mengecek keadaan mesin lewat keadaan busi.
Berikut macam - macam kondisi busi :
A. Kondisi
Normal :
1. Isolator berwarna
kuning atau coklat muda2. Puncak isolator bersih, ( berwarna coklat muda atau abu – abu )
B. Kondisi
Terbakar :
1. Electrode terbakar.
Pada permukaan kaki isolator ada partikel – partikel kecil mengkilap yang
menempel
2. Isolator berwarna putih
atau kuning
Penyebab
:
- Nilai oktan terlalu
rendah
- Campuran terlalu kurus
- Knocking
- Saat pengapian terlalu
awal
- Type busi terlalu panas
3. Berkerak karena oli :
3. Berkerak karena oli :
Kaki isolator elektroda
sangat kotor, warna coklat oli mesin
Penyebab :
- Ring piston aus
- Bush penghantar katup /
katup aus
- Ada penghisapan oli
melalui sistim ventilasi karter ( blow by gass ) .
4. Berkerak karbon :
by :
4. Berkerak karbon :
Kaki isolator elektroda
rumah busi berkerak jelaga
Penyebab :
- Campuran terlalu kaya (
karburator banjir )
- Type busi terlalu
dingin
Demikian sedikit tentang busi, semoga dapat bermanfaat
Demikian sedikit tentang busi, semoga dapat bermanfaat
by :
Sapto Wicaksono, ST
Guru SMKN Ngraho, Bojonegoro
Komentar
Posting Komentar