MERAWAT AC MOBIL



AC merupakan komponen mobil yang membuat nyaman, di saat panas, macet kita tidak terasa panas. Apalagi di jalan berdebu kalau kita menggunakan AC maka debu akan masuk ke dalam kabin. Menilik AC yang sangat besar manfaatnya maka kita juga harus peduli terhadap AC. 

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan sendiri untuk merawat AC:
  1. Jagalah kebersihan kabin dari debu dan kotoran, terutama 2 lembar karpet lantai yang berada didepan, karena kotoran yang ada dapat terhisap evaporator yang keadaannya lembab sehingga kotoran yang menempel dapat menimbulkan jamur dan spora yang tidak baik buat kesehatan dan menimbulkan bau yang tak sedap saat pertama kali di hidupkan.
  2. Bersihkan bagian kondensor AC dengan cara menyemprotkan air bersih yang kencang dengan bantuan sikat kecil. Kotoran yang hinggap pada kondensor kalau tidak dibersihkan dapat menghambat pelepasan panas dan menimbulkan korosi atau keropos, yang nantinya dapat mengakibatkan kondensor bocor.
  3. Periksa fungsi extra fan (kipas), apakah berputar jika AC dinyalakan, jika tidak segera ganti extra fan tersebut, karena jika tidak dapat merusak bagian kompresor ataupun selang high press meledak.
  4. Jangan merokok didalam mobil karena asapnya yang mengandung nikotin bisa mengotori evaporator, nikotinnya akan menempel lengket dan berlendir pada evaporator sehingga akan menimbulkan bau yang tak sedap.
  5. Parkirlah di tempat yang teduh jika mobil akan diparkir dengan waktu yang lama agar kabin tidak bersuhu sangat tinggi karena terjemur. Kabin yang panas dapat membuat lama proses pendinginan ketika mobil dijalankan, sehingga kinerja perangkat AC dalam mendinginkan kabin menjadi lebih berat.
  6. Matikan AC terlebih dahulu sebelum menghidupkan mesin, sesudah mesin stabil baru hidupkan AC, dan begitupun sebaliknya.
  7. Jangan memakai pengharum dengan mutu yang kurang jelas dan membawa makanan ataupun buah-buahan yang beraroma tajam, karena akan menimbulkan bau dan susah dibersihkan.   

    Demikian beberapa langkah yang dapat kita lakukan sendiri untuk merawat AC semoga bermanfaat.


    by : Sapto Wicaksono, ST
           Guru SMK Negeri Ngraho

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGAPA REM PERLU DI BLEEDING

RPP KELISTRIKAN BODY

CARA MENCARI TOP