Keunggulan EFI

Di era globalisasi pada saat ini dibutuhkan teknologi yang effisian dan ramah lingkungan. Hal ini untuk mengantisipasi dampak buruk dari pemanasan global ( Global Warming ) akibat kadar CO yang meningkat dan merusak lapisan Ozon. Apakah dengan EFI kita dapat meminimalkan dampak pemanasan global tersebut ?

Apa yang dimaksud EFI ( Electronic Fuel Injection ) ?
EFI adalah suatu sistem bahan bakar yang pengontrolannya sudah menggunakan sistem elektrikal sehingga bahan bakar menjadi lebih optimal dan effisien ( sesuai dengan kebutuhan mesin )


Sistem Aliran Bahan Bakar 

Terdiri dari tanki, pompa, saringan, pipa saluran, injector, regulator tekanan, dan pipa pengembali
Bahan bakar dialirkan dari tanki ke injector oleh pompa elektrik. Letak pompa khusus ada didalam tanki atau dekat tanki, disaring oleh fuel filter
Tekanan bahan bakar dijaga konstan oleh regulator. Bahan bakar yang tidak dialirkan  ke intake manifold oleh injector dikembalikan ke tanki melalui pipa pengembali

Sistem Kontrol Elektronik

- Terdiri dari beberapa macam: sensor engine, ECU (Electronic Control Unit), injector unit, dan kabel rangkaian
- ECU menentukan dengan tepat jumlah bahan bakar yang diperlukan injector oleh engine sensor
- ECU menentukan injector ON untuk waktu yang tepat, sebagai acuan lama-pulsa injeksi (injection duration), untuk dialirkan sesuai perbandingan udara dan bahan bakar yang dibutuhkan engine  

Dasar Kerja EFI
- Udara yang masuk ke mesin diukur oleh air flow meter, ketika udara masuk ke silinder, bahan bakar dicampur dengan udara oleh injector

- Injector diatur didalam intake manifold sebelum katub masuk, injector menggunakan selenoid yang dikendalikan oleh ECU


- ECU memberi pulsa ke injector agar rangkaian ground injector ON dan OFF

Ketika injector ON, membuka menyemburkan atom bahan bakar dibelakang katub isap

Ketika dalam intake yang berarus udara,  dan membentuk uap masih bertekana rendah didalam intake manifold. ECU memberi sinyal ke injector untuk mengalirkan bahan bakar secukupnya untuk mencapai perbandingan ideal udara dan bb 14,7: 1
- Ketepatan jumlah bahan bakar yg disemburkan ke engine adalah tugas dari ECU

ECU menentukan dasar jumlah injeksi yang berdasar pada ukuran volume udara dan rpm

Tergantung pd kondisi kerja engine, jumlah injeksi akan bervariasi, ECU memonitor variabel seperti Suhu Pendingin, speed engine, sudut pembukaan gas, dan kandungan oksigen pada knalpot dan mengoreksi injeksi untuk menentukan akhir jumlah injeksi

Keuntungan Sistem EFI

- Campuran udara & bahan bakar sama yang didistribusikan

Setiap silinder ada injektornya yang mengalirkan bahan bakar secara langsung ke katup masuk : ini menghilangkan hambatan bahan bakar harus melalui intake dulu, alhasil peningkatan distribusi bahan bakar ke silinder

- Kontrol perbandingan udara & bahan bakar sangat akurat pada segala kondisi kerja mesin

EFI mensuplai secara terus menerus perbandingan udara & ahan bakar ke engine, ini memberikan daya yang lebih baik, ekonomis dan control emisi
- Respon pedal gas dan tenaga sangat bagus

Aliran bahan bakar secara langsung dibelakang katub masuk, katub masuk didesain untuk dapat mengoptimalkan aliran udara , ini akan meningkatkan tenaga dan respon katub gas
- Peningkatan pada saat Start dingin dan waktu operasi

Kombinasi yg baik atomisasi bb dan injeksi langsung pada katub masuk meningkatkan kemampuan start dan kerja pada engine dingin
- Mekaniknya simpel, mengurangi penyetelan yang sangat peka

Sistem EFI tidak bersandar pada banyak penyetelan utama untuk pengayaan dingin atau bahan bakar metering, sebab sistem ini mekaniknya simpel, mengurangi kebutuhan maintenance

 

Demikian sekilas tentang EFI semoga bermanfaat.

by : 
Sapto Wicaksono,ST
Guru SMK Negeri Ngraho, Bojonegoro 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGAPA REM PERLU DI BLEEDING

RPP KELISTRIKAN BODY

CARA MENCARI TOP