PRINSIP KERJA MESIN 4 TAK ( LANGKAH )
Pada prinsipnya mesin adalah
merubah bahan bakar menjadi tenaga. Campuran udara dan bahan bakar dihisap ke
dalam silinder kemudian dikompresi oleh torak yang naik. Bila campuran udara
dan bahan bakar terbakar oleh percikan bunga api dari busi, maka akan
menghasilkan tekanan gas pembakaran yang besar dalam silinder. Tekanan gas
pembakaran ini menghasilkan tenaga untuk mendorong torak ke bawah, yang
menggerakkan torak naik turun dalam silinder. Gerakan torak naik turun diubah
menjadi gerakan putar pada poros engkol melalui batang torak. Gerak putar ini
yang menghasilkan tenaga pada mobil.
Posisi tertinggi
torak dalam silinder disebut titik mati atas, pada saat itu torak melakukan
langkah kompresi dan buang dan posisi terendah torak dalam silinder disebut
titikmati bawah, pada saat itu torak melakukan langkah hisap dan tenaga. Jarak bergeraknya
torak antara TMA dan TMB disebut piston stroke ( langkah torak ).
Campuran
bahan bakar dan udara dihisap ke dalam silinder dan gas yang telah terbakar
harus keluar dan ini harus berlangsung secara tetap. Pekerjaan ini dilakukan
dengan adanya gerakan torak naik turun dalam silinder. Proses menghisap
campuran haban bakar dan udara ke dalam silinder, mengkompresi, membakar, dan
mengeluarkan gas sisa pembakaran dari silinder disebut satu siklus.
Langkah
– langkah pada mesin empat langkah adalah :
- Langkah hisap
Dalam langkah ini campuran bahan
bakar dan udara dihisap ke dalam silinder. Katup hisap terbuka dan sedangkan
katup buang tertutup. Waktu torak bergerak ke bawah terjadi kevacuman sehingga
campuran bahan bakar dan udara masuk ke dalam silinder.
- Langkah kompresi
Dalam langkah ini campuran bahan
bakar dan udara dikompresikan. Katup hisap dan buang tertutup. Torak bergerak
dari TMB ke TMA, akibatnya tekanan naik temperatur naik sehingga akan mudah
terbakar.
- Langkah usaha
Pada langkah kompresi torak
sesaat sebelum mencapai TMA busi memercikan bunga api untuk membakar campuran
bahan bakar dan udara tadi. Dan terjadi pembakaran yang menghasilkan tekanan
yang sangat kuat terhadap torak. Torak terdorong ke arah TMB akibat dorongan
gas pembakaran yang kuat dan menghasikan tenaga mesin ( engine power ).
- Langkah buang
Gas yang terbakar haru ssegera
dibuang untuk dapat melakukan langkah selanjutnya, dalam langkah ini torak
bergerak dari TMB ke TMA sambil mendorong sisa gas pembuangan. Pada langkah ini
katup hisap tertutup dan katup buang terbuka. Pada saat torak mencapai TMA
makan mulai lagi untuk persiapan langkah hisap.
Pada mesin 4 tak ( langkah )
poros engkol melakukan 2 kali putaran penuh dalam siklus terdiri dari 4 langkah
yaitu hisap, kompresi, usaha dan buang yang merupakan prinsip dasar kerja motor
4 tak ( langkah ).
Demikian artikel tentang prinsip
kerja motor 4 tak ( langkah ) semoga bisa bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar