CARA KERJA MOTOR STATER


MOTOR STATER
Motor stater digunakan untuk menstart awal mesin, pada motor stater dilengkapi dengan magnetic switch untuk memindahkan putaran ke flywheel/roda gila. Kita mengenal ada dua jenis motor stater yaitu motor stater konvensional dan reduksi. Motor stater konvensional digunakan untuk mobil di daerah tropis/ panas sedangkan motor stater reduksi dipergunakan untuk mobil di daerah dingin, dimana perlu tenaga ekstra untuk menstart mobil.
Komponen – komponen motor stater antara lain :
a.       Field coil
Field coil terbuat dari lempengan tembaga dengan maksud supaya arus dapat mengalir dengan besar karena tembaga merupakan penghantar listrik yang bagus. Field coil berfungsi untuk membangkitkan medan magnet.
Motor stater biasanya mempunyai empat field coil.
b.      Yoke dan pole core
Yoke terbuat dari logam yang benbentuk silinder dan berfungsi sbagai tempat pole core diikat. Sedang pole core berfungi sebagai penopang field coil dan memperkuat medan magnet yang ditimpulkan oleh field coil.
c.       Armature dan shaft
Terdiri dari sebatang besi yang berbentuk silinderdan diberi slot – slot, poros, komutator serta kumparan armature. Berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.
d.      Brush
Brush dibuat dari tembaga lunak dan berfungsi untuk meneruskan arus listrik dari field coil ke armature coil langsung ke massa melalui komutator. Brush terdiri dari dua bursh positif dan dua brush negatif.
e.      Armature brake
Armature brake berfungsi untuk pengereman putaran armature setelah lepas dari perkaitan roda penerus.
f.        Drive lever
Berfungsi untuk mendorong pinion gear agar berhubungan dengan roda penerus dan melepas pinion gear dari roda penerus.
g.       Stater clutch
Memindahkan moment puntir dari armature shaftke roda penerus, dan sebagai pengaman apabila roda penerus cenderung memutar pinion.
h.      Magnetic switch
Berfungsi sebagai saklar magnet untuk menghubungkan dan melepas pinion gear sekaligus mengalirkan arus listrik yang besar pada sirkuit motor stater malaui terminal utama.
Demikian artikel tentang motor stater dan bagian – bagiannya, semoga bermanfaat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGAPA REM PERLU DI BLEEDING

RPP KELISTRIKAN BODY

CARA MENCARI TOP