Soal Tugas PKKR Perawatan AC

1. Komponen - komponen AC dan jelaskan fungsinya !
2. Cara kerja AC !
3. Langkah - Langkah cara mengisi Refrigerant AC !

Tugas kelas XI TKRO 2


Komentar

  1. Tugas pmkr cara perawatan ac.
    Komponen"ac berserta fungsinya.
    1.kompresor ac=berfungsi untuk memompa aliran freon agar mampu bersikulasi ke semua komponen.
    2.magnetic clutch=berfungsi mendeteksi kompresos bekerja dan berhenti meskipun pulley mesin tetap berputar.
    3.kondensor=berfungsi untuk memindahkan panas dari dalam freon/refrigerant keudara bebas.
    4.drifer=funsi utama untuk mengeringkan freon dari air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban no 3.
      Langkah"pengisian refrigerant.
      1.siapkan freon kalengan dan kran kusus sesuai dengan kaleng,setelah itu pasang kran kencang agar tidak bocor.
      2.pasalang selang berwarna kuning dari meteran freon pada kaleng, lalu pasang slang biru pada pipa low ac.
      3nyalakan mesin ac dengan terpratur tertinggi, lalu buka kran pada kaleng dan meteran.
      4.setelah tekanan mencapai 50 psi tutup kran dan cek,apakah terpratur sudah dingin.
      Jika sudah selesai, lepas selang dari pipa low.
      Jika kaleng masih tersisa freon jangan lepaskan kran dari kaleng, karena freon terbuang sia".

      Hapus
  2. Ini saya pak mohammad yunus zakaria. Ini klanjutan nya soal no 1.
    5.expansion valve =berfungsi untuk mengubah wujud freon cair agar condong ke bentuk gass mlalui proses spraying.
    6.Evaporator =untuk mendinginkan udara yang di ventilasikan ke dalam kabin.
    7.high presurre hose=sebagai saluran yang mengalirkan freon cair bertekanan tinggi.
    8.low pressure hose=untuk menyalurkan berwujud gass tekanan rendah dari evapolator kembali ke kompresor.
    9.cooling fan=untuk mendinginkan kondensor yang terletak di depan radiator mobil.
    10.blower=untuk mengembuskan udara melewati evapolator.
    11.freon=selaku refrigerant merupakan gass kusus yang memiliki suhu normal dingin.
    12.sistem pengaturan suhu=untuk mengantur suhu dan deras tidak nya hembusan udara dari kisi"ac

    BalasHapus
  3. Jwaban soal no 2.
    Cara kerja ac yaitu=udara yang diventilasikan ke dalam kabin, terlebih dahulu melewati sebuah komponen. Tujuannya agar kelembaban dan suhu udara tersebut berpindah ke material lain,Refrigerant digunakan sebagai material pemindah panas.
    Namun, pemindahan panas ini tidak hanya terjadi pada udara ventilasi ke kabin. Panas yang di pindahkan ke refrigerant juga perlu dipindahkan lagi ke udara bebas, agar refrigerant bisa kembali menjemput panas dari kabin.

    Pemindahan panas ini apabila dihubungkan akan menjadi sebuah siklus ac mobil.

    BalasHapus
  4. Maaf pak jawaban nya nggk urut.

    BalasHapus
  5. Nama :kukuh febrianto
    Kelas :xI tkro 2

    Soal no 1
    Jawaban
    1.Kompresor > berfungsi sebagai pompa yang berguna untuk mensirkulasikan refrigerant (freon) pada sistem.
    2.Kondensor > berfungsi untuk mendinginkan gas refrigerant atau freon yang memiliki tekanan tinggi dan temperatur tinggi setelah melewati kompresor.
    3.Receiver dryer > Fungsi receiver dryer pada sistem AC adalah untuk menyaring kotoran dan menyerap air yang terbawa oleh refrigerant.
    4.Katup expansi atau expansion valve > berfungsi untuk mengkabutkan refrigerant. Cairan refrigerant dari receiver dryer akan menuju ke katup ekspansi dan pada katup ekspansi didalamnya terdapat lubang-lubang kecil (lubang orrifice), sehingga ketika refrigerant melewati lubang orrifice ini, refrigerant akan berubah bentuk dari cair menjadi kabut (partikel-partikel kecil).
    5.Evaporato > berfungsi untuk menyerap panas, refrigerant yang melewati evaporator ini akan menyerap panas dari udara yang dihembuskan oleh komponen blower.
    6.Kipas kondensor > berfungsi untuk menghembuskan udara melewati kondensor sehingga terjadi proses penyerapan panas di kondensor.
    7.Blower > berfungsi untuk menghembuskan udara melewati evaporator dan kemudian udara yang telah melewati evaporator akan dikirim ke dalam ruangan mobil.
    8.Refrigerant atau freon > berfungsi dari refrigerant adalah sebagai penghantar panas di dalam sirkulasi sistem AC.
    9.Kontrol panel > berfungsi untuk mengontrol suhu dan mengontrol aliran udara yang akan masuk ke dalam ruang mobil dengan cara menekan tombol dan menggeser tuas yang mengatur aliran udara.

    Soal no 2
    Jawaban
    1.Konversi cairan menjadi udara secara alami akan menyebabkan penyerapan panas, hal ini disebut dengan fase konversi. AC memanfaatkan suatu campuran kimia sehingga menciptakan lingkungan tertutup dimana di dalamnya terjadi penguapan dan kondensasi secara berulang kali.

    Soal no 3
    Jawaban
    1.Balikkanlah tabung refrigerant menghadap kebawah agar isi refrigerant yang keluar dalam bentuk cair.
    2.Buka katup tekanan tinggi.
    3.Periksalah kaca pengintai sampai aliran refrigerant berhenti mengalir dan tutuplah keran.
    4.Amati kedua pengukur, tekanan tinggi maupun tekanan rendah. Keduanya harus menunjukkan tekanan yang sama.

    Pengisian Lanjutan :
    1.Baliklah tabung refrigerant menghadap keatas agar isi refrigerant keluar dalam bentuk gas.
    2.Hidupkan mesin dan biarkan beberapa menit untuk pemanasan.
    3.Hidupkan switch AC, dan amati pengukur tekanan manifold gauge tanda merah harus terlihat pada tekanan tinggi dan tanda biru pada tekanan rendah tetapi tidak vakum.
    4.Buka sedikit demi sedikit katup manifold gauge warna biru. (besar kecilnya pembukaan akan mempengaruhi jumlah refrigerant yang mengalir dalam sistem.
    5.Amati gelas pantau dan bila jumlah gelembung menjadi semakin sedikit dan lembut menunjukkan bahwa pengisian sudah cukup.
    6.Tutup katup manifold gauge, dan baca pengukur tekanan rendah 1,5 – 2,0 kg/cm2 dan tekanan tinggi 14,5 – 15 kg/cm2

    BalasHapus
  6. Nama :lukki andrianto
    Kelas :XI tkro2
    No anbsen :20

    Soal no 1
    Jawaban
    1.Kompresor > berfungsi sebagai pompa yang berguna untuk mensirkulasikan refrigerant (freon) pada sistem.
    2.Kondensor > berfungsi untuk mendinginkan gas refrigerant atau freon yang memiliki tekanan tinggi dan temperatur tinggi setelah melewati kompresor.
    3.Receiver dryer > Fungsi receiver dryer pada sistem AC adalah untuk menyaring kotoran dan menyerap air yang terbawa oleh refrigerant.
    4.Katup expansi atau expansion valve > berfungsi untuk mengkabutkan refrigerant. Cairan refrigerant dari receiver dryer akan menuju ke katup ekspansi dan pada katup ekspansi didalamnya terdapat lubang-lubang kecil (lubang orrifice), sehingga ketika refrigerant melewati lubang orrifice ini, refrigerant akan berubah bentuk dari cair menjadi kabut (partikel-partikel kecil).
    5.Evaporato > berfungsi untuk menyerap panas, refrigerant yang melewati evaporator ini akan menyerap panas dari udara yang dihembuskan oleh komponen blower.
    6.Kipas kondensor > berfungsi untuk menghembuskan udara melewati kondensor sehingga terjadi proses penyerapan panas di kondensor.
    7.Blower > berfungsi untuk menghembuskan udara melewati evaporator dan kemudian udara yang telah melewati evaporator akan dikirim ke dalam ruangan mobil.
    8.Refrigerant atau freon > berfungsi dari refrigerant adalah sebagai penghantar panas di dalam sirkulasi sistem AC.
    9.Kontrol panel > berfungsi untuk mengontrol suhu dan mengontrol aliran udara yang akan masuk ke dalam ruang mobil dengan cara menekan tombol dan menggeser tuas yang mengatur aliran udara.

    Soal no 2
    Jawaban
    1.Konversi cairan menjadi udara secara alami akan menyebabkan penyerapan panas, hal ini disebut dengan fase konversi. AC memanfaatkan suatu campuran kimia sehingga menciptakan lingkungan tertutup dimana di dalamnya terjadi penguapan dan kondensasi secara berulang kali.

    Soal no 3
    Jawaban
    1.Balikkanlah tabung refrigerant menghadap kebawah agar isi refrigerant yang keluar dalam bentuk cair.
    2.Buka katup tekanan tinggi.
    3.Periksalah kaca pengintai sampai aliran refrigerant berhenti mengalir dan tutuplah keran.
    4.Amati kedua pengukur, tekanan tinggi maupun tekanan rendah. Keduanya harus menunjukkan tekanan yang sama.

    Pengisian Lanjutan :
    1.Baliklah tabung refrigerant menghadap keatas agar isi refrigerant keluar dalam bentuk gas.
    2.Hidupkan mesin dan biarkan beberapa menit untuk pemanasan.
    3.Hidupkan switch AC, dan amati pengukur tekanan manifold gauge tanda merah harus terlihat pada tekanan tinggi dan tanda biru pada tekanan rendah tetapi tidak vakum.
    4.Buka sedikit demi sedikit katup manifold gauge warna biru. (besar kecilnya pembukaan akan mempengaruhi jumlah refrigerant yang mengalir dalam sistem.
    5.Amati gelas pantau dan bila jumlah gelembung menjadi semakin sedikit dan lembut menunjukkan bahwa pengisian sudah cukup.
    6.Tutup katup manifold gauge, dan baca pengukur tekanan rendah 1,5 – 2,0 kg/cm2 dan tekanan tinggi 14,5 – 15 kg/cm2

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP KELISTRIKAN BODY

MENGAPA REM PERLU DI BLEEDING

RPP DASAR DASAR MESIN