RPP DASAR DASAR MESIN



PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

SMK NEGERI NGRAHO

Alamat : Jl. Raya Ngraho No 613 NgrahoKab. Bojonegoro






ADMINISTRASI MENGAJAR

SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016



 
















KOMPETENSI KEAHLIAN :
TEKNIK KENDARAAN RINGAN

MATA PELAJARAN          : DASAR KOMPETENSI KEJURUAN

NAMA GURU                      : SAPTO WICAKSONO, ST

JADWAL MENGAJAR
SMK NEGERI NGRAHO
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

PROGRAM DIKLAT
: PRODUKTIF
KELAS
: X
MATA PELAJARAN
: DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
SEMESTER
: 1 (Ganjil)
JAM PEMBELAJARAN
: 8 Jam Pelajaran
NAMA PENGAJAR
: SAPTO WICAKSONO

NO
JAM KE
WAKTU
HARI MENGAJAR
KET
SENIN
SELASA
RABU
KAMIS
JUM’AT
SABTU
1
I
07.00 – 07.45


X TKR 1
X TKR 2



2
II
07.45 – 08.30


X TKR 1
X TKR 2



3
III
08.30 – 09.15


X TKR 1
X TKR 2



4
IV
09.15 – 10.00


X TKR 1
X TKR 2



5
ISTIRAHAT







6
V
10.15 – 11.00


X TKR 1
X TKR 2



7
VI
11.00 – 11.45


X TKR 1
X TKR 2



9
VII
12.00 – 12.45


X TKR 1
X TKR 2



10
VIII
12.45 – 13.30


X TKR 1
X TKR 2




       Ngraho,  Juli 2015
Mengetahui
Kepala SMKN Ngraho
Guru Pengajar



CIPTO,S.Pd.,M.MPd
NIP. 19690425 199403 1 003



SAPTO WICAKSONO, ST
NIP 19760206 200903 1 003


PROSES PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM DAN DAYA SERAP


PROGRAM
: PRODUKTIF/TEKNIK KENDARAAN RINGAN
MATA DIKLAT
: MEMAHAMI DASAR-DASAR MESIN
KELAS
: X
SEMESTER
: 1 (Ganjil)
TAHUN DIKLAT
: 2015/2016
JAM PEMBELAJARAN
: 32 Jam Pelajaran

I. PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM
No
Kompetensi yang harus diselesaikan
Sub kompetensi
Alokasi waktu
Sub kompetensi yang selesai
Sub kompetensi yang belum selesai
Ket
1
Menjelaskan dasar ilmu statika dan tegangan
a.   Pengantar ilmu mekanika
b.   Besaran skalar dan besaran vektor
c.   Sistem satuan
d.  Hukum Newton
e.   Penerapan besaran vektor, gaya momen, dan kopel
f.    Diagram benda bebas dan kesetimbangan
g.   Konsep tegangan, tegangan normal dan geser
h.   Perhitungan sambungan, poros, bantalan, sambungan fleksible, kopling gesek, rem dan roda gigi

12
Semua Sub Kompetensi Selesai
-

2
Menerangkan komponen/elemen mesin
·    Mengenal Komponen Sambungan
·    Komponen sambungan baut, sambungan keling dan sambungan las.
·    Mengenal fungsi dan prinsip kerja komponen poros dan aksesorisnya.
·    Jenis-jenis bantalan
·    Mengenal Fungsi dan prinsip kerja sabuk dan rantai
·    Jenis-jenis sabuk dan rantai
·    Mengenal komponen kopling gesek dan rem.
·    Mengenal istilah dalam roda gigi.
·    Fungsi dan prinsip kerja roda gigi
·    Jenis-jenis roda gigi.
12
-

3
Menerangkan material dan kemampuan proses
§ Bahan Logam, non logam  dan karakteristiknya
§ Bahan campuran logam dan nonlogam dan karakteristiknya
§ Pengolahan bijih besi
§ Pengolahan dan pengecoran baja
§ Klasifikasi baja
§ Bahan Sinter dan bahan sintetis
§ Berbagai mineral yang di-pakai industri serta kegunaannya.
§ Berbagai proses pemurnian mineral.
8
-



 

Target Kurikulum        :
                                   
:  

:       %

Alasan Target Kurikulum Tidak Tercapai : -
II. PENCAPAIAN DAYA SERAP
1.            Jumlah Siswa                                            :    Anak
2.            Jumlah Nilai Siswa                                    : 
3.            Pencapaian Daya Serap adalah     :

:               %

Saran Kepada Kepala Sekolah : -



Ngraho,     Juli 2015
Mengetahui
Kepala SMKN Ngraho
                    Guru Pengajar




Cipto, S.Pd., M.MPd
NIP. 19660425 199603 1 008




Sapto Wicaksono, ST
NIP 19760206 200903 1003

                                  PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

SMK NEGERI NGRAHO

Alamat : Jl. Raya Ngraho No 613 NgrahoKab. Bojonegoro
 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMK NEGERI NGRAHO BOJONEGORO

MATA PELAJARAN
:
Dasar Kompetensi Kejuruan
TINGKAT/SEMESTER            
:
X / SATU
PERTEMUAN KE              
:
1 - 4
ALOKASI WAKTU               
:
4 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI     
:
Memahami Dasar – dasar Mesin
KOMPETENSI DASAR   
:
Menjelaskan Dasar Ilmu Statika dan Tegangan

I.             INDIKATOR
1.        Komponen sambungan mesin dijelaskan dan dipahami dengan baik.
2.        Poros dan aksesoris-nya dijelaskan dan dipahami dengan baik.
3.        Komponen penerus daya fleksibel dijelaskan dan dipahami dengan baik..

 
II.          TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan pembelajaran siswa dapat :
·           Mengenal Komponen Sambungan
·           Mengenal komponen sambungan baut, sambungan keling dan sambungan las.
·           Mengenal fungsi dan prinsip kerja komponen poros dan aksesorisnya.
·           Jenis-jenis bantalan
·           Mengenal Fungsi dan prinsip kerja sabuk dan rantai
·           Memahami Jenis-jenis sabuk dan rantai
·           Mengenal komponen kopling gesek dan rem.
·           Mengenal istilah dalam roda gigi.
·           Fungsi dan prinsip kerja roda gigi
·           Mengeatahui Jenis-jenis roda gigi

III.       MATERI
·           Pengantar ilmu mekanika
·           Besaran skalar dan besaran vektor
·           Sistem satuan
·           Hukum Newton
·           Penerapan besaran vektor, gaya momen, dan kopel
·           Diagram benda bebas dan kesetimbangan
·           Konsep tegangan, tegangan normal dan geser
·           Perhitungan sambungan, poros, bantalan, sambungan fleksible, kopling gesek, rem dan roda gigi

IV.       METODE PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Observasi (Pengamatan/Praktek)
3.      Diskusi
4.      Penugasan 


V.          LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal (15 menit)
Ø  Salam
Ø  Presensi
Ø  Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar mengajar.
Ø  Guru menyiapkan media pembelajaran
B. Kegiatan Inti  (60 menit)
Ø  Guru menyampaikan materi sesuai dengan subkompetensi yang ditentukan
Ø  Guru memberikan penjelasan lebih pada bagian-bagian yang kurang dimengerti oleh peserta didik.
Ø  Siswa diberi kesempatan untuk mengamati gambar
Ø  Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang masih belum dimengerti oleh siswa. Pada kesempatan ini siswa diajak untuk berdiskusi agar dapat menyampaikan pendapat. Guru bertindak sebagai narasumber dan fasilitator
C. Kegiatan Akhir  (15 menit)
Ø  Memberikan pemantapan;
Ø  Menyuruh siswa untuk mencatat butir-butir penting dari pelajaran tersebut.
Ø  Memberi tugas pada siswa

VI.       SUMBER BELAJAR
1.      Hadi Karyanto, 2007, PDTM, PT. Macanan Jaya Cemerlang, Klaten   
2.      Buku lain yang relevan.

VII.    PENILAIAN
a.   Tes Lisan
Untuk penilaian lisan dilakukan secara langsung pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung (seperti diskusi). Pengambilan nilai lisan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan peserta didik dalam mengutarakan pendapat. Langkah ini juga dilakukan untuk mengetahui potensi peserta didik dalam menangkap pelajaran yang diberikan.

b.  Tes Tulis
1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan besaran vektor ?
2.      Tulislah hukum II Newton ?
3.      Berikan fenomena hukum Newton I disekitarmu ?
4.      Apa yang dimaksud dengan kelembaman ?
5.      Mengapa diperlukan sambungan ?
6.      Apa fungsi dari poros ?
c.   Jawaban
1.  Besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah
2.  Bunyi hukum II Newton adalah percepatan pada suatu benda akan berbanding lurus dengan gaya yang bekerja, dan berbanding terbalik dengan massa benda atau objek.
3.  Sepeda motor yang bergerak lurus tiba-tiba di rem. Si pengendara akan terdorong ke depan. Hal ini menandakan bahwa si pengendara lembam untuk bergerak ke depan sesuai dengan arah lintasan sepeda motor.
4.  Kelembaman dapat diartikan sebagai kecenderungan sebuah benda untuk mempertahankan posisinya, bila diam maka benda tersebut akan cenderung diam dan bila bergerak benda tersebut cenderung untuk bergerak.
5.  Sambungan diperlukan untuk memperoleh benda kerja sesuai dengan konstruksi yang kita inginkan/kita buat. Selain itu sambungan dilakukan untuk memperoleh panjang benda yang tidak mungkin diperoleh langsung.
6.  Mendukung bagian dari mesin/blok, meneruskan torsi dari mekanik penggerak, dan mendukung berat sendiri.

Pedoman Penilaian :
Nilai
Skor Perolehan
X 100
Skor Maksimal




Ngraho,        Juli 2015
Mengetahui
Kepala SMKN Ngraho
                    Guru Pengajar




Cipto,S.Pd.,M.MPd
NIP. 19690425 199403 1 008




Sapto Wicaksono, ST
NIP 19760206 200903 1 003



I.          
PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

SMK NEGERI NGRAHO

Alamat : Jl. Raya Ngraho No 613 NgrahoKab. Bojonegoro


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMK NEGERI NGRAHO BOJONEGORO
MATA PELAJARAN
:
Dasar Kompetensi Kejuruan
TINGKAT/SEMESTER            
:
X / SATU
PERTEMUAN KE              
:
5 - 7
ALOKASI WAKTU               
:
4 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI     
:
Memahami Dasar – dasar Mesin
KOMPETENSI DASAR   
:
Menerangkan komponen/elemen mesin

I.              STANDART KOMPETENSI
Memahami dasar-dasar mesin

II.          KOMPETENSI DASAR
Menerangkan komponen/elemen mesin

III.       INDIKATOR
·         Komponen sambungan mesin dijelaskan dan dipahami dengan baik.
·         Poros dan aksesoris-nya dijelaskan dan dipahami dengan baik.
·         Komponen penerus daya fleksibel dijelaskan dan dipahami dengan baik..

 
IV.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan pembelajaran siswa dapat :
§   Paham terhadap masing-masing komponen sambungan
§   Pemahaman fungsi dan prinsip kerja komponen sambungan.
§   Paham terhadap komponen poros dan aksesorisnya.
§   Pemahaman fungsi dan prinsip kerja poros.
§   Pemahaman fungsi dan prinsip kerja berbagai aksesoris poros.
§   Menerapkan pemahaman fungsi dan prinsip kerja poros serta aksesorisnya dalam bekerja.
§   Paham terhadap komponen  penerus daya fleksibel.
§   Pemahaman fungsi dan prinsip kerja sabuk dan rantai.
§   Paham terhadap komponen kopling gesek dan rem.
§   Pemahaman fungsi dan prinsip kerja kopling dan rem.


V.          MATERI DIKLAT
·           Mengenal Komponen Sambungan
·           Komponen sambungan baut, sambungan keling dan sambungan las.
·           Mengenal fungsi dan prinsip kerja komponen poros dan aksesorisnya.
·           Jenis-jenis bantalan
·           Mengenal Fungsi dan prinsip kerja sabuk dan rantai
·           Jenis-jenis sabuk dan rantai
·           Mengenal komponen kopling gesek dan rem.
·           Mengenal istilah dalam roda gigi.
·           Fungsi dan prinsip kerja roda gigi
·           Jenis-jenis roda gigi

VI.       METODE PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Observasi (Pengamatan/Praktek)
3.      Diskusi
4.      Penugasan 
VII.    LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal (15 menit)
Ø  Salam
Ø  Presensi
Ø  Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar mengajar.
Ø  Guru menyiapkan media pembelajaran
B. Kegiatan Inti  (60 menit)
Ø  Guru menyampaikan materi sesuai dengan subkompetensi yang ditentukan
Ø  Guru memberikan penjelasan lebih pada bagian-bagian yang kurang dimengerti oleh peserta didik.
Ø  Siswa diberi kesempatan untuk mengamati gambar
Ø  Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang masih belum dimengerti oleh siswa. Pada kesempatan ini siswa diajak untuk berdiskusi agar dapat menyampaikan pendapat. Guru bertindak sebagai narasumber dan fasilitator
C. Kegiatan Akhir  (15 menit)
Ø  Memberikan pemantapan;
Ø  Menyuruh siswa untuk mencatat butir-butir penting dari pelajaran tersebut.
Ø  Memberi tugas pada siswa

VIII. SUMBER BELAJAR
1.      Hadi Karyanto, 2007, PDTM, PT. Macanan Jaya Cemerlang, Klaten  
2.      Buku lain yang relevan.

IX.       PENILAIAN
a.   Tes Lisan
Untuk penilaian lisan dilakukan secara langsung pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung (seperti diskusi). Pengambilan nilai lisan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan peserta didik dalam mengutarakan pendapat. Langkah ini juga dilakukan untuk mengetahui potensi peserta didik dalam menangkap pelajaran yang diberikan.

b.  Tes Tulis
1.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan besaran vektor ?
2.  Tulislah hukum II Newton ?
3.  Berikan fenomena hukum Newton I disekitarmu ?
4.  Apa yang dimaksud dengan kelembaman ?
5.  Mengapa diperlukan sambungan ?
6.  Apa fungsi dari poros ?
c.   Jawaban
1.   Besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah
2.   Bunyi hukum II Newton adalah percepatan pada suatu benda akan berbanding lurus dengan gaya yang bekerja, dan berbanding terbalik dengan massa benda atau objek.
3.   Sepeda motor yang bergerak lurus tiba-tiba di rem. Si pengendara akan terdorong ke depan. Hal ini menandakan bahwa si pengendara lembam untuk bergerak ke depan sesuai dengan arah lintasan sepeda motor.
4.   Kelembaman dapat diartikan sebagai kecenderungan sebuah benda untuk mempertahankan posisinya, bila diam maka benda tersebut akan cenderung diam dan bila bergerak benda tersebut cenderung untuk bergerak.
5.   Sambungan diperlukan untuk memperoleh benda kerja sesuai dengan konstruksi yang kita inginkan/kita buat. Selain itu sambungan dilakukan untuk memperoleh panjang benda yang tidak mungkin diperoleh langsung.
6.   Mendukung bagian dari mesin/blok, meneruskan torsi dari mekanik penggerak, dan mendukung berat sendiri.

Pedoman Penilaian :
Nilai
Skor Perolehan
X 100
Skor Maksimal




Ngraho,       Juli  2015
Mengetahui
Kepala SMKN Ngraho
                    Guru Pengajar




Cipto, S.Pd.,M.MPd
NIP. 19690425 199403 1 008




Sapto Wicaksono, ST
NIP 19760206 200903 1 003



                                  PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

SMK NEGERI NGRAHO

Alamat : Jl. Raya Ngraho No 613 NgrahoKab. Bojonegoro


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMK NEGERI NGRAHO BOJONEGORO
MATA PELAJARAN
:
Dasar Kompetensi Kejuruan
TINGKAT/SEMESTER            
:
X / SATU
PERTEMUAN KE              
:
8 - 9
ALOKASI WAKTU               
:
4 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI     
:
Memahami Dasar – dasar Mesin
KOMPETENSI DASAR   
:
Menerangkan material dan kemampuan proses

I.             KOMPETENSI DASAR
Menerangkan material dan kemampuan proses

II.          INDIKATOR
§   Konsep Pengetahuan tentang Ilmu Logam dan Bahan dijelaskan dan dipahami dengan baik
§   Sifat-sifat berbagai material logam dijelaskan sesuai dengan karakteristiknya.
§   Hubungan sifat material dengan kemampuan proses material dijelaskan dengan benar.
§   Sifat-sifat berbagai material bukan logam  diketahui dengan baik
§   Berbagai macam mineral yang dipakai dalam industri dijelaskan sesuai dengan SDA mineral di Indonesia.
·           Berbagai proses pemurnian mineral dijelaskan dengan benar

 
III.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan pembelajaran siswa dapat :
·         Cermat dalam memahami konsep Pengetahuan tentang Ilmu Logam dan Bahan
·         Pengertian sifat-sifat material terutama material yang dipakai di industri.
·         Pengertian mampu proses suatu material.
·         Menerapkan sifat-sifat material logam agar dapat dilakukan pe-mrosesan terhadap material tersebut.
·         Melaksanakan kegiatan diskusi ilmiah untuk pendalaman teori
·         Pengertian tentang berbagai proses pemurnian berbagai mineral.
·         Menerapkan berbagai proses untuk memurni-kan mineral yang dipakai di industri.

IV.       MATERI DIKLAT
§   Bahan Logam, non logam  dan karakteristiknya
§   Bahan campuran logam dan nonlogam dan karakteristiknya
§   Pengolahan bijih besi
§   Pengolahan dan pengecoran baja
§   Klasifikasi baja
§   Bahan Sinter dan bahan sintetis
§   Berbagai mineral yang di-pakai industri serta kegunaannya.
·           Berbagai proses pemurnian mineral


V.          METODE PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Observasi (Pengamatan/Praktek)
3.      Diskusi
4.      Penugasan 

VI.       LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal (15 menit)
Ø  Salam
Ø  Presensi
Ø  Guru menyampaikan rencana kegiatan belajar mengajar.
Ø  Guru menyiapkan media pembelajaran
B. Kegiatan Inti  (60 menit)
Ø  Guru menyampaikan materi sesuai dengan subkompetensi yang ditentukan
Ø  Guru memberikan penjelasan lebih pada bagian-bagian yang kurang dimengerti oleh peserta didik.
Ø  Siswa diberi kesempatan untuk mengamati gambar
Ø  Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang masih belum dimengerti oleh siswa. Pada kesempatan ini siswa diajak untuk berdiskusi agar dapat menyampaikan pendapat. Guru bertindak sebagai narasumber dan fasilitator
C. Kegiatan Akhir  (15 menit)
Ø  Memberikan pemantapan;
Ø  Menyuruh siswa untuk mencatat butir-butir penting dari pelajaran tersebut.
Ø  Memberi tugas pada siswa

VII.    SUMBER BELAJAR
1.      Hadi Karyanto, 2007, PDTM, PT. Macanan Jaya Cemerlang, Klaten  
2.      Buku lain yang relevan.

VIII. PENILAIAN
a.   Tes Lisan
Untuk penilaian lisan dilakukan secara langsung pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung (seperti diskusi). Pengambilan nilai lisan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan peserta didik dalam mengutarakan pendapat. Langkah ini juga dilakukan untuk mengetahui potensi peserta didik dalam menangkap pelajaran yang diberikan.

b.  Tes Tulis
1.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan logam fero ?
2.  Apa yang dimaksud dengan machinable ?
3.  Sebutkan beberapa contoh bahan non-logam ?
4.  Apa yang sering menjadi pertimbangan memilih bahan non-logam ?
5.  Mengapa kita memerlukan bahan abrasit ?
c.   Jawaban
1.   Logam fero adalah logam-logam yang tersusun dengan logam besi sebagai logam utamanya
2.   Machinable merupakan kemampuan logam yang bisa dikerjakan/diolah dengan menggunakan mesin.
3.   Plastik, teflon, karet, polimer
4.   Pemilihan bahan non-logam dilakukan dengan mempertimbangkan bahwa ketersediaan bahan logam terbatas, selain itu sekarang telah ditemukan bahan-bahan non-logam yang melimpah dan mudah dalam pengerjaannya.
5.   Bahan abrasif adalah bahan-bahan yang digunakan untuk memotonh dan menghaluskan bahan-bahan logam/non-logam.

Pedoman Penilaian :
Nilai
Skor Perolehan
X 100
Skor Maksimal





Ngraho,            Juli  2015
Mengetahui
Kepala SMKN Ngraho
                    Guru Pengajar




Cipto, S.Pd.,M.MPd
NIP. 19690425 199403 1 008




Sapto Wicaksono, ST
NIP 19760206 200903 1 003



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGAPA REM PERLU DI BLEEDING

RPP KELISTRIKAN BODY

CARA MENCARI TOP