RPP DASAR DASAR MESIN
PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK NEGERI NGRAHO
Alamat : Jl. Raya Ngraho No 613 Ngraho – Kab.
Bojonegoro
ADMINISTRASI MENGAJAR
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016
KOMPETENSI KEAHLIAN :
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
MATA PELAJARAN : DASAR
KOMPETENSI KEJURUAN
NAMA GURU : SAPTO WICAKSONO, ST
JADWAL MENGAJAR
SMK
NEGERI NGRAHO
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
PROGRAM DIKLAT
|
: PRODUKTIF
|
KELAS
|
: X
|
MATA PELAJARAN
|
: DASAR KOMPETENSI
KEJURUAN
|
SEMESTER
|
: 1 (Ganjil)
|
JAM PEMBELAJARAN
|
: 8 Jam Pelajaran
|
NAMA PENGAJAR
|
: SAPTO WICAKSONO
|
NO
|
JAM
KE
|
WAKTU
|
HARI
MENGAJAR
|
KET
|
|||||
SENIN
|
SELASA
|
RABU
|
KAMIS
|
JUM’AT
|
SABTU
|
||||
1
|
I
|
07.00
– 07.45
|
|
|
X
TKR 1
|
X
TKR 2
|
|
|
|
2
|
II
|
07.45
– 08.30
|
|
|
X
TKR 1
|
X
TKR 2
|
|
|
|
3
|
III
|
08.30
– 09.15
|
|
|
X
TKR 1
|
X
TKR 2
|
|
|
|
4
|
IV
|
09.15
– 10.00
|
|
|
X
TKR 1
|
X
TKR 2
|
|
|
|
5
|
ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
V
|
10.15
– 11.00
|
|
|
X
TKR 1
|
X
TKR 2
|
|
|
|
7
|
VI
|
11.00
– 11.45
|
|
|
X
TKR 1
|
X
TKR 2
|
|
|
|
9
|
VII
|
12.00
– 12.45
|
|
|
X
TKR 1
|
X
TKR 2
|
|
|
|
10
|
VIII
|
12.45
– 13.30
|
|
|
X
TKR 1
|
X
TKR 2
|
|
|
|
Ngraho, Juli
2015
Mengetahui
Kepala
SMKN Ngraho
|
Guru
Pengajar
|
CIPTO,S.Pd.,M.MPd
NIP.
19690425 199403 1 003
|
SAPTO WICAKSONO, ST
NIP 19760206 200903 1 003
|
PROSES PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM DAN DAYA SERAP
PROGRAM
|
: PRODUKTIF/TEKNIK KENDARAAN RINGAN
|
MATA DIKLAT
|
: MEMAHAMI DASAR-DASAR MESIN
|
KELAS
|
: X
|
SEMESTER
|
: 1 (Ganjil)
|
TAHUN DIKLAT
|
: 2015/2016
|
JAM PEMBELAJARAN
|
: 32 Jam Pelajaran
|
I. PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM
No
|
Kompetensi
yang harus diselesaikan
|
Sub
kompetensi
|
Alokasi
waktu
|
Sub
kompetensi yang selesai
|
Sub kompetensi yang belum selesai
|
Ket
|
1
|
Menjelaskan dasar ilmu statika dan tegangan
|
a.
Pengantar ilmu mekanika
b.
Besaran skalar dan besaran vektor
c.
Sistem satuan
d.
Hukum Newton
e.
Penerapan besaran vektor, gaya momen, dan kopel
f.
Diagram benda bebas dan kesetimbangan
g.
Konsep tegangan, tegangan normal dan geser
h.
Perhitungan sambungan, poros, bantalan, sambungan fleksible, kopling gesek,
rem dan roda gigi
|
12
|
Semua Sub Kompetensi Selesai
|
-
|
|
2
|
Menerangkan
komponen/elemen mesin
|
· Mengenal Komponen Sambungan
· Komponen sambungan baut, sambungan
keling dan sambungan las.
· Mengenal
fungsi dan prinsip kerja komponen poros dan aksesorisnya.
· Jenis-jenis bantalan
· Mengenal Fungsi dan prinsip kerja sabuk dan rantai
· Jenis-jenis sabuk dan rantai
· Mengenal komponen kopling gesek dan rem.
· Mengenal
istilah dalam roda gigi.
· Fungsi
dan prinsip kerja roda gigi
· Jenis-jenis
roda gigi.
|
12
|
-
|
|
|
3
|
Menerangkan material dan kemampuan proses
|
§ Bahan Logam, non logam dan
karakteristiknya
§ Bahan campuran logam dan nonlogam dan karakteristiknya
§ Pengolahan bijih besi
§ Pengolahan dan pengecoran baja
§ Klasifikasi baja
§ Bahan Sinter dan bahan sintetis
§ Berbagai mineral yang di-pakai industri serta kegunaannya.
§ Berbagai proses pemurnian mineral.
|
8
|
-
|
|
Target Kurikulum :
:
: %
Alasan Target
Kurikulum Tidak Tercapai : -
II. PENCAPAIAN
DAYA SERAP
1.
Jumlah Siswa : Anak
2.
Jumlah Nilai Siswa :
3.
Pencapaian Daya Serap adalah :
: %
Saran Kepada
Kepala Sekolah : -
Ngraho, Juli 2015
Mengetahui
Kepala
SMKN Ngraho
|
Guru Pengajar
|
Cipto, S.Pd.,
M.MPd
NIP.
19660425 199603 1 008
|
Sapto Wicaksono, ST
NIP 19760206 200903 1003
|
PEMERINTAH
KABUPATEN BOJONEGORO
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK NEGERI NGRAHO
Alamat : Jl. Raya Ngraho No 613 Ngraho – Kab.
Bojonegoro
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMK NEGERI NGRAHO BOJONEGORO
MATA PELAJARAN
|
:
|
Dasar Kompetensi
Kejuruan
|
TINGKAT/SEMESTER
|
:
|
X / SATU
|
PERTEMUAN KE
|
:
|
1 - 4
|
ALOKASI WAKTU
|
:
|
4 x 45 menit
|
STANDAR KOMPETENSI
|
:
|
Memahami Dasar – dasar Mesin
|
KOMPETENSI
DASAR
|
:
|
Menjelaskan Dasar Ilmu
Statika dan Tegangan
|
I.
INDIKATOR
1.
Komponen sambungan mesin
dijelaskan dan dipahami dengan baik.
2.
Poros dan aksesoris-nya
dijelaskan dan dipahami dengan baik.
3.
Komponen penerus daya fleksibel
dijelaskan dan dipahami dengan baik..
II.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan pembelajaran siswa dapat :
·
Mengenal
Komponen Sambungan
·
Mengenal komponen sambungan baut, sambungan keling dan sambungan las.
·
Mengenal fungsi dan prinsip kerja
komponen poros dan aksesorisnya.
·
Jenis-jenis
bantalan
·
Mengenal Fungsi dan
prinsip kerja sabuk dan rantai
·
Memahami
Jenis-jenis sabuk dan rantai
·
Mengenal komponen
kopling gesek dan rem.
·
Mengenal istilah dalam roda gigi.
·
Fungsi dan prinsip kerja roda gigi
·
Mengeatahui Jenis-jenis roda gigi
III.
MATERI
·
Pengantar ilmu mekanika
·
Besaran skalar dan besaran vektor
·
Sistem satuan
·
Hukum Newton
·
Penerapan besaran vektor, gaya momen, dan kopel
·
Diagram benda bebas dan kesetimbangan
·
Konsep tegangan, tegangan normal dan geser
·
Perhitungan sambungan, poros, bantalan, sambungan fleksible, kopling gesek,
rem dan roda gigi
IV.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Observasi (Pengamatan/Praktek)
3.
Diskusi
4.
Penugasan
V.
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal (15
menit)
Ø
Salam
Ø
Presensi
Ø
Guru menyampaikan
rencana kegiatan belajar mengajar.
Ø
Guru
menyiapkan media pembelajaran
B. Kegiatan Inti (60 menit)
Ø
Guru
menyampaikan materi sesuai dengan subkompetensi yang ditentukan
Ø
Guru
memberikan penjelasan lebih pada bagian-bagian yang kurang dimengerti oleh
peserta didik.
Ø
Siswa
diberi kesempatan untuk mengamati gambar
Ø
Guru
memberikan kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang masih belum
dimengerti oleh siswa. Pada kesempatan ini siswa diajak untuk berdiskusi agar
dapat menyampaikan pendapat. Guru bertindak sebagai narasumber dan fasilitator
C. Kegiatan Akhir (15 menit)
Ø
Memberikan
pemantapan;
Ø Menyuruh siswa untuk mencatat butir-butir penting dari pelajaran
tersebut.
Ø Memberi tugas pada siswa
VI.
SUMBER BELAJAR
1.
Hadi
Karyanto, 2007, PDTM, PT. Macanan Jaya Cemerlang, Klaten
2.
Buku lain yang relevan.
VII.
PENILAIAN
a.
Tes Lisan
Untuk penilaian lisan dilakukan
secara langsung pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung (seperti
diskusi). Pengambilan nilai lisan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan
kesempatan peserta didik dalam mengutarakan pendapat. Langkah ini juga
dilakukan untuk mengetahui potensi peserta didik dalam menangkap pelajaran yang
diberikan.
b.
Tes Tulis
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan besaran
vektor ?
2. Tulislah hukum II Newton ?
3. Berikan fenomena hukum Newton I
disekitarmu ?
4. Apa yang dimaksud dengan kelembaman ?
5. Mengapa diperlukan sambungan ?
6. Apa fungsi dari poros ?
c. Jawaban
1. Besaran vektor adalah besaran yang
memiliki nilai dan arah
2. Bunyi hukum II Newton adalah percepatan
pada suatu benda akan berbanding lurus dengan gaya yang bekerja, dan berbanding
terbalik dengan massa benda atau objek.
3. Sepeda motor yang bergerak lurus tiba-tiba
di rem. Si pengendara akan terdorong ke depan. Hal ini menandakan bahwa si
pengendara lembam untuk bergerak ke depan sesuai dengan arah lintasan sepeda
motor.
4. Kelembaman dapat diartikan sebagai
kecenderungan sebuah benda untuk mempertahankan posisinya, bila diam maka benda
tersebut akan cenderung diam dan bila bergerak benda tersebut cenderung untuk
bergerak.
5. Sambungan diperlukan untuk memperoleh
benda kerja sesuai dengan konstruksi yang kita inginkan/kita buat. Selain itu
sambungan dilakukan untuk memperoleh panjang benda yang tidak mungkin diperoleh
langsung.
6. Mendukung bagian dari mesin/blok,
meneruskan torsi dari mekanik penggerak, dan mendukung berat sendiri.
Pedoman Penilaian :
Nilai
|
Skor
Perolehan
|
X
100
|
Skor
Maksimal
|
Ngraho, Juli 2015
Mengetahui
Kepala
SMKN Ngraho
|
Guru Pengajar
|
Cipto,S.Pd.,M.MPd
NIP.
19690425 199403 1 008
|
Sapto Wicaksono, ST
NIP 19760206 200903 1 003
|
I.
PEMERINTAH
KABUPATEN BOJONEGORO
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN
SMK NEGERI NGRAHO
Alamat : Jl. Raya Ngraho No
613 Ngraho – Kab. Bojonegoro
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMK NEGERI NGRAHO BOJONEGORO
MATA PELAJARAN
|
:
|
Dasar Kompetensi
Kejuruan
|
TINGKAT/SEMESTER
|
:
|
X / SATU
|
PERTEMUAN KE
|
:
|
5 - 7
|
ALOKASI WAKTU
|
:
|
4 x 45 menit
|
STANDAR KOMPETENSI
|
:
|
Memahami Dasar – dasar
Mesin
|
KOMPETENSI
DASAR
|
:
|
Menerangkan komponen/elemen mesin
|
I.
STANDART KOMPETENSI
Memahami dasar-dasar mesin
II.
KOMPETENSI DASAR
Menerangkan komponen/elemen mesin
III.
INDIKATOR
·
Komponen sambungan mesin
dijelaskan dan dipahami dengan baik.
·
Poros dan aksesoris-nya
dijelaskan dan dipahami dengan baik.
·
Komponen penerus daya fleksibel
dijelaskan dan dipahami dengan baik..
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan pembelajaran siswa dapat :
§
Paham terhadap masing-masing
komponen sambungan
§
Pemahaman fungsi dan prinsip
kerja komponen sambungan.
§
Paham terhadap komponen poros
dan aksesorisnya.
§
Pemahaman fungsi dan prinsip
kerja poros.
§
Pemahaman fungsi dan prinsip
kerja berbagai aksesoris poros.
§
Menerapkan pemahaman fungsi dan
prinsip kerja poros serta aksesorisnya dalam bekerja.
§
Paham terhadap komponen penerus daya fleksibel.
§
Pemahaman fungsi dan prinsip
kerja sabuk dan rantai.
§
Paham terhadap komponen kopling
gesek dan rem.
§
Pemahaman fungsi dan prinsip
kerja kopling dan rem.
V.
MATERI DIKLAT
·
Mengenal Komponen
Sambungan
·
Komponen
sambungan baut, sambungan keling dan sambungan las.
·
Mengenal fungsi dan prinsip kerja
komponen poros dan aksesorisnya.
·
Jenis-jenis
bantalan
·
Mengenal Fungsi dan
prinsip kerja sabuk dan rantai
·
Jenis-jenis sabuk
dan rantai
·
Mengenal komponen
kopling gesek dan rem.
·
Mengenal istilah dalam roda gigi.
·
Fungsi dan prinsip kerja roda gigi
·
Jenis-jenis roda gigi
VI.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Observasi (Pengamatan/Praktek)
3.
Diskusi
4.
Penugasan
VII.
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal (15 menit)
Ø
Salam
Ø
Presensi
Ø
Guru
menyampaikan rencana kegiatan belajar mengajar.
Ø
Guru
menyiapkan media pembelajaran
B. Kegiatan Inti (60 menit)
Ø
Guru
menyampaikan materi sesuai dengan subkompetensi yang ditentukan
Ø
Guru
memberikan penjelasan lebih pada bagian-bagian yang kurang dimengerti oleh
peserta didik.
Ø
Siswa
diberi kesempatan untuk mengamati gambar
Ø
Guru
memberikan kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang masih belum
dimengerti oleh siswa. Pada kesempatan ini siswa diajak untuk berdiskusi agar
dapat menyampaikan pendapat. Guru bertindak sebagai narasumber dan fasilitator
C. Kegiatan Akhir (15 menit)
Ø
Memberikan
pemantapan;
Ø Menyuruh siswa untuk mencatat butir-butir penting dari pelajaran
tersebut.
Ø Memberi tugas pada siswa
VIII. SUMBER BELAJAR
1.
Hadi
Karyanto, 2007, PDTM, PT. Macanan Jaya Cemerlang, Klaten
2.
Buku lain yang relevan.
IX.
PENILAIAN
a.
Tes Lisan
Untuk penilaian lisan dilakukan
secara langsung pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung (seperti
diskusi). Pengambilan nilai lisan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan
kesempatan peserta didik dalam mengutarakan pendapat. Langkah ini juga
dilakukan untuk mengetahui potensi peserta didik dalam menangkap pelajaran yang
diberikan.
b.
Tes Tulis
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan besaran vektor
?
2. Tulislah hukum II Newton ?
3. Berikan fenomena hukum Newton I
disekitarmu ?
4. Apa yang dimaksud dengan kelembaman ?
5. Mengapa diperlukan sambungan ?
6. Apa fungsi dari poros ?
c. Jawaban
1. Besaran vektor adalah besaran yang
memiliki nilai dan arah
2. Bunyi hukum II Newton adalah percepatan
pada suatu benda akan berbanding lurus dengan gaya yang bekerja, dan berbanding
terbalik dengan massa benda atau objek.
3. Sepeda motor yang bergerak lurus tiba-tiba
di rem. Si pengendara akan terdorong ke depan. Hal ini menandakan bahwa si
pengendara lembam untuk bergerak ke depan sesuai dengan arah lintasan sepeda
motor.
4. Kelembaman dapat diartikan sebagai
kecenderungan sebuah benda untuk mempertahankan posisinya, bila diam maka benda
tersebut akan cenderung diam dan bila bergerak benda tersebut cenderung untuk
bergerak.
5. Sambungan diperlukan untuk memperoleh
benda kerja sesuai dengan konstruksi yang kita inginkan/kita buat. Selain itu
sambungan dilakukan untuk memperoleh panjang benda yang tidak mungkin diperoleh
langsung.
6. Mendukung bagian dari mesin/blok,
meneruskan torsi dari mekanik penggerak, dan mendukung berat sendiri.
Pedoman Penilaian :
Nilai
|
Skor
Perolehan
|
X
100
|
Skor
Maksimal
|
Ngraho, Juli 2015
Mengetahui
Kepala
SMKN Ngraho
|
Guru Pengajar
|
Cipto, S.Pd.,M.MPd
NIP.
19690425 199403 1 008
|
Sapto Wicaksono, ST
NIP 19760206 200903 1 003
|
PEMERINTAH
KABUPATEN BOJONEGORO
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK NEGERI NGRAHO
Alamat : Jl. Raya Ngraho No 613 Ngraho – Kab.
Bojonegoro
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMK NEGERI NGRAHO BOJONEGORO
MATA PELAJARAN
|
:
|
Dasar Kompetensi
Kejuruan
|
TINGKAT/SEMESTER
|
:
|
X / SATU
|
PERTEMUAN KE
|
:
|
8 - 9
|
ALOKASI WAKTU
|
:
|
4 x 45 menit
|
STANDAR KOMPETENSI
|
:
|
Memahami Dasar – dasar
Mesin
|
KOMPETENSI
DASAR
|
:
|
Menerangkan material dan
kemampuan proses
|
I.
KOMPETENSI DASAR
Menerangkan material dan kemampuan
proses
II.
INDIKATOR
§ Konsep Pengetahuan tentang Ilmu Logam dan Bahan
dijelaskan dan dipahami dengan baik
§ Sifat-sifat berbagai
material logam dijelaskan sesuai
dengan karakteristiknya.
§ Hubungan sifat material
dengan kemampuan proses material
dijelaskan dengan benar.
§
Sifat-sifat berbagai material
bukan logam diketahui dengan baik
§
Berbagai macam mineral yang dipakai
dalam industri dijelaskan sesuai dengan SDA mineral di Indonesia.
·
Berbagai proses pemurnian
mineral dijelaskan dengan benar
III.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan pembelajaran siswa dapat :
·
Cermat dalam memahami konsep
Pengetahuan tentang Ilmu Logam dan Bahan
·
Pengertian sifat-sifat material
terutama material yang dipakai di industri.
·
Pengertian mampu proses suatu
material.
·
Menerapkan sifat-sifat material
logam agar dapat dilakukan pe-mrosesan terhadap material tersebut.
·
Melaksanakan kegiatan diskusi
ilmiah untuk pendalaman teori
·
Pengertian tentang berbagai
proses pemurnian berbagai mineral.
·
Menerapkan berbagai proses untuk
memurni-kan mineral yang dipakai di industri.
IV.
MATERI DIKLAT
§
Bahan Logam, non logam dan karakteristiknya
§
Bahan campuran logam dan
nonlogam dan karakteristiknya
§
Pengolahan bijih besi
§
Pengolahan dan pengecoran baja
§
Klasifikasi baja
§
Bahan Sinter dan bahan sintetis
§
Berbagai mineral yang di-pakai
industri serta kegunaannya.
·
Berbagai proses pemurnian mineral
V.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Observasi (Pengamatan/Praktek)
3.
Diskusi
4.
Penugasan
VI.
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal (15
menit)
Ø
Salam
Ø
Presensi
Ø
Guru
menyampaikan rencana kegiatan belajar mengajar.
Ø
Guru
menyiapkan media pembelajaran
B. Kegiatan Inti (60 menit)
Ø
Guru
menyampaikan materi sesuai dengan subkompetensi yang ditentukan
Ø
Guru
memberikan penjelasan lebih pada bagian-bagian yang kurang dimengerti oleh
peserta didik.
Ø
Siswa
diberi kesempatan untuk mengamati gambar
Ø
Guru
memberikan kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang masih belum
dimengerti oleh siswa. Pada kesempatan ini siswa diajak untuk berdiskusi agar
dapat menyampaikan pendapat. Guru bertindak sebagai narasumber dan fasilitator
C. Kegiatan Akhir (15 menit)
Ø
Memberikan
pemantapan;
Ø Menyuruh siswa untuk mencatat butir-butir penting dari pelajaran
tersebut.
Ø Memberi tugas pada siswa
VII.
SUMBER BELAJAR
1.
Hadi
Karyanto, 2007, PDTM, PT. Macanan Jaya Cemerlang, Klaten
2.
Buku lain yang relevan.
VIII. PENILAIAN
a.
Tes Lisan
Untuk penilaian lisan dilakukan
secara langsung pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung (seperti
diskusi). Pengambilan nilai lisan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan
kesempatan peserta didik dalam mengutarakan pendapat. Langkah ini juga
dilakukan untuk mengetahui potensi peserta didik dalam menangkap pelajaran yang
diberikan.
b.
Tes Tulis
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan logam
fero ?
2. Apa yang dimaksud dengan machinable ?
3. Sebutkan beberapa contoh bahan non-logam ?
4. Apa yang sering menjadi pertimbangan
memilih bahan non-logam ?
5. Mengapa kita memerlukan bahan abrasit ?
c. Jawaban
1. Logam fero adalah logam-logam yang
tersusun dengan logam besi sebagai logam utamanya
2. Machinable merupakan kemampuan logam yang
bisa dikerjakan/diolah dengan menggunakan mesin.
3. Plastik, teflon, karet, polimer
4. Pemilihan bahan non-logam dilakukan dengan
mempertimbangkan bahwa ketersediaan bahan logam terbatas, selain itu sekarang
telah ditemukan bahan-bahan non-logam yang melimpah dan mudah dalam
pengerjaannya.
5. Bahan abrasif adalah bahan-bahan yang
digunakan untuk memotonh dan menghaluskan bahan-bahan logam/non-logam.
Pedoman Penilaian :
Nilai
|
Skor
Perolehan
|
X
100
|
Skor
Maksimal
|
Ngraho, Juli 2015
Mengetahui
Kepala
SMKN Ngraho
|
Guru Pengajar
|
Cipto, S.Pd.,M.MPd
NIP.
19690425 199403 1 008
|
Sapto Wicaksono, ST
NIP 19760206 200903 1 003
|
Komentar
Posting Komentar